Hubungi Kami
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia
Telephone: +62-274-898444 ext. 3267
Faks: +62 274 898444 ext. 2106
Email: [email protected]

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2022
[Tanggal Penting] Jadwal Pendaftaran Yudisium Prodi Ilmu Komunikasi UII Semester Ganjil T.A 2021/2022 (Sept 2021-Februari 2022)
[Important Date] Jadwal Pendaftaran Ujian Pendadaran Prodi Ilmu Komunikasi Semester Ganjil T.A 2021/ 2022 (Sept 2021-Jan 2022)
Model-model Penelitian Kualitatif
Konten dan naskah jurnal yang masuk ke meja redaksi tak hanya bermetode kuantitatif. Banyak pula penulis naskah yang mengirim naskahnya ke redaksi jurnal dengan metode kualitatif. Meski begitu tak jarang pula yang tak jelas metodenya. Maka dari itu Prof. Irwan Abdullah menjelaskan secara rinci melakukan penelitian agar bisa dengan mudah menggunakan jenis-jenis penelitian kualitatif. “Kenapa […]
Problems and Challenges of Digital Journalism in Indonesia
There are two things that greatly affect the mass media business lately. First, is digital disruption which is getting more and more common. Then the second is the Covid-19 pandemic. Both are considered to have greatly changed the landscape of the media business pattern in Indonesia. Not only upstream, but also downstream. While still in […]
Reading Comments on Social Media as Entertainment
From era to era, entertainment has changed along with changes in the media used. With the smartphone, a lot of choices of entertainment media are offered. But unexpectedly, reading comments from content posts is also one of them. Research on the motivation of readers of comments as entertainment was investigated by Athifah Nur Husna, a […]
Problem dan Tantangan Jurnalisme Digital
Ada dua hal yang sangat mempengaruhi bisnis media massa belakangan ini. Pertama, adalah disrupsi digital yang kian lama kian menggurita. Lalu yang kedua adalah pandemi Covid-19. Keduanya dianggap sangat mengubah lanskap pola bisnis media di Indonesia. Tak hanya di hulu, melainkan juga di hilir. Pada saat masih berada di media konvensional, para jurnalis menguasai hulu […]
Membaca Komentar di Media Sosial sebagai Hiburan Generasi Masa Kini
Dari jaman ke jaman hiburan ternyata berubah seiring dengan perubahan media yang dipakai. Dengan adanya telepon pintar, banyak sekali pilihan media hiburan yang ditawarkan. Tapi tak disangka, membaca komentar dari postingan konten juga menjadi salah satunya. Riset tentang motivasi pembaca komentar sebagai hiburan ini diteliti oleh Athifah Nur Husna, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas […]
PENGUMUMAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR/SKRIPSI BARU SEMESTER GANJIL TA 2021/2022
Mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir/Skripsi wajib melakukan hal-hal sebagai berikut: Mahasiswa Sudah Melakukan Keyin Tugas Akhir/Skripsi, sesuai dengan jadwal yang ditentukan Melakukan Pembayaran bimbingan Skripsi/Ta sebesar Rp. 450.000 Per Semester ( adapun cara pembayaran: klik disini) CATATAN : Bukti Pembayaran Harap Disimpan Batas pembayaran Tugas Akhir/Skripsi Maksimal pada tanggal 20 September 2021 Mengambil kartu bimbingan […]
PENGUMUMAN PERGANTIAN JUDUL DAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI TA GANJIL 2021/2022 BULAN SEPTEMBER 2021
Mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir/Skripsi wajib melakukan hal-hal sebagai berikut: Mahasiswa Sudah Melakukan Keyin Tugas Akhir/Skripsi, sesuai dengan jadwal yang ditentukan Melakukan Pembayaran bimbingan Skripsi/Ta sebesar Rp. 450.000 Per Semester ( adapun cara pembayaran: klik disini) CATATAN : Bukti Pembayaran Harap Disimpan Batas pembayaran Tugas Akhir/Skripsi Maksimal pada tanggal 20 September 2021 Mengambil kartu bimbingan […]
Diskusi Nadim: Membaca Komentar di Media Sosial sebagai Hiburan
PSDMA Nadim Komunikasi UII Mengundang dalam Diskusi Rutin PSDMA Nadim Tema: Membaca Komentar di Media Sosial Sebagai Hiburan Kegiatan membaca komentar di media sosial menjadi sebuah kebiasaan bagi sebagian pengguana media sosial. Tema-tema yang diakese pun bermacam-macam. Ada teknologi , game, K-Pop, politik, kesehatan, humor, dll. Pada diskusi kali ini, narasumber akan memaparkan selain konten, […]
Webinar Nasional: Model Bisnis Jurnalisme Digital di Indonesia (Link Zoom)
Program Studi Ilmu Komunikasi, UII Minat Studi Jurnalisme Digital Mengundang anda hadir pada Webinar Nasional “Model Bisnis Jurnalisme Digital di Indonesia” bersama: Pembicara (dari kiri ke kanan): Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com, Aktivis kampanye literasi media, Cek fakta, dan data driven journalism Wahyu Dhyatmika, CEO Tempo Digital Moderator Iwan Awaluddin Yusuf, […]
Doing Research Before Making a Podcast
Research is essential in the production of creative content. Research determines how strong your podcast content will be. Creative ideas will also come naturally when podcast content research is done. This includes researching other people’s podcast content. At least, there are five tips for researching to make your podcast content unique and exciting. “First, determine […]
Understand Gender-Sensitive Journalism Before Writing
Women are still a minority, very few women occupy strategic positions in the media. Whereas the presence of women in strategic internal media positions can reduce the objectification of women by the media. Both media films, television, advertising, games, and journalistic products. The objectification of women by the media often occurs because women are considered […]
Dive into Yourself By Joining IISMA
“Indonesia is not made up of map boundaries, but the movement and big role of young people,” These are the words of a leading Indonesian journalist: Najwa Shihab. Indonesian youths play an essential role in advancing the nation and state. So in 2021, to increase young people, the Ministry of Education, Culture, Research and Technology […]
Pahami Jurnalisme Sensitif Gender Sebelum Menulis
Perempuan masih menjadi minoritas, sedikit sekali perempuan yang menempati posisi strategis di media. Padahal kehadiran perempuan di posisi strategis internal media dapat mengurangi objektifikasi perempuan oleh media. Baik media film, televisi, iklan, game, dan produk-produk jurnalistik. Objektifikasi perempuan oleh media sering terjadi juga karena perempuan dianggap sebagai komoditas menarik di media. Baik sebagai dalam bentuk […]
Lowongan Magang Q Home Mart Jogja (Update per 2 September 2021)
Selami Diri Dengan Bergabung ke IISMA
“Indonesia tak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda,” Itu adalah kata-kata jurnalis terkemuka Indonesia: Najwa Shihab. Anak muda Indonesia sangat berperan penting dalam memajukan bangsa dan negara. Maka pada 2021, demi memajukan kaum muda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan program IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards […]
Practicing Quantitative Methods Towards Quality Journals
Methods are mere tools. It helps research achieve its goals. Therefore, the method as far as possible is mastered by all. Both qualitative and quantitative research methods. With quantitative methods, research can look at various statistical and numerical possibilities. Kunto Adi Wibowo, Lecturer at Fikom Unpad, Bandung, received the message from his professor during his […]
Menulis Bergaya dengan Feature
Feature memungkinkan kita menulis dengan penuh gaya. Tulisan berita kisah, atau biasa disebut feature, bisa bikin penulis eksplorasi gaya Bahasa, menginjeksi nilai-nilai, hingga bercerita seperti dongeng. “Meski mirip bercerita atau dongeng, feature bukan imajinasi ya, hanya gayanya bercerita. Jadinya lebih luwes dan tidak kaku dibanding menulis berita hardnews,” kata A. P. Wicaksono, pembicara dari pengelola […]
Bikin Riset Sebelum Bikin Podcast
Riset menjadi penting dalam produksi konten kreatif. Riset menentukan seberapa kuat konten podcast yang akan anda buat. Ide kreatif juga akan muncul dengan sendirinya ketika riset konten podcast dilakukan. Termasuk meneliti konten-konten podcast milik orang lain. Setidaknya, ada lima tips dalam melakukan riset agar menjadikan konten podcast Anda unik dan menarik. “Pertama, tentukan dulu mau […]
Berlatih Metode Kuantitatif Menuju Jurnal Berkualitas
Metode adalah semata alat. Ia membantu penelitian mencapai tujuannya. Oleh karenanya, metode sedapat mungkin dikuasai semuanya. Baik itu metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Dengan metode kuantitatif, riset bisa melihat beragam kemungkinan statistik dan angka. Kunto Adi Wibowo, Dosen di Fikom Unpad, Bandung, mendapatkan pesan itu dari profesornya selama ia studi doktoral di Amerika Serikat. Sejak […]
Write Stylish with Features
Features allow us to write in style. Writing news stories, or commonly called features, can make writers explore language styles, inject values, and tell stories like fairy tales. “Although it looks like a story or a fairy tale, the feature is not an imagination, it’s just a storytelling style. It’s more flexible and less rigid […]
How to Review Quantitative Research
If you review research journal manuscripts with quantitative methods, be sure to do an empathetic review. Submission of criticism is good, but still must be constructive. As a manuscript reviewer, make sure that you do not have a conflict of interest with the content of the manuscript. “Immediately inform the editor if you have a […]
Teatime: Attracting Buyers with Copywriting
Writing is not an easy matter. Moreover, writing so that many people buy and are interested in the products we sell. Writing for advertising content especially, can’t be too long, let alone convoluted. Advertising content must persuade people to at least stop viewing our products. The key to reaching consumers is to write-copywriting eye catching, […]
Bagaimana Mengulas Penelitian Kuantitatif
Jika anda melakukan review (mengulas) naskah jurnal penelitian dengan metode kuantitatif, pastikan lakukan penelaahan secara empatik. Penyampaian kritik itu baik, tetapi tetap harus konstruktif. Sebagai reviewer naskah, pastikan juga anda tidak memiliki konflik kepentingan dengan konten naskah. “Segera informasikan pada editor jika anda memiliki conflict of interest,” kata Kunto Adi Wibowo, dosen Fikom Unpad, di […]
Teatime: Memikat Pembeli dengan Copywriting
Menulis bukan perkara mudah. Apalagi menulis agar banyak orang ikut membeli dan tertarik dengan produk jualan kita. Menulis untuk konten iklan terutama, tak bisa terlalu panjang, apalagi berbelit-belit. Konten iklan harus mengajak orang minimal berhenti melihat produk kita. Kunci meraih konsumen adalah menulis copywriting yang eyecathing, simpel, dan tidak panjang. Langka memulai menulis untuk iklan […]
Teatime bersama Nasuha Ali: Trik Bersaing di Dunia Kerja Profesional
Untuk Menjadi profesional, kita harus bisa menentukan menjadi generalis atau spesialis. Meskipun beberapa orang ada yang memilih menjadi generalis, bisa melakukan segala, tetapi sebaiknya menekuni bidang spesiaisasimu bisa menjadi arah sejak menjadi mahasiswa. Spesialisasi bidang kajian dan keahlian akan sangat menentukan ketika kamu memasuki dunia kerja profesional. “Ada di dunia kerja itu ada yang dia […]
Teatime with Nasuha Ali: Tricks to Compete in the Professional World
To become a professional, we must be able to decide whether to be a generalist or a specialist. Even though there are some people who choose to be generalists, they can do anything, but it’s best if pursuing your field of specialization can be a direction since you are a student. Specialization in the field […]
Pengumuman PRA KEY-IN RAS dan KEY-IN RAS Semester Ganjil 2021/2022
JADWAL MATA KULIAH JURUSAN S1 – ILMU KOMUNIKASI PROGRAM INTERNASIONAL TAHUN AKADEMIK 2021/2022 SEMESTER GANJIL
JADWAL MATA KULIAH JURUSAN S1 – ILMU KOMUNIKASI PROGRAM INTERNASIONAL TAHUN AKADEMIK 2021/2022 SEMESTER GANJIL
TeaTime: Nationalism in the Midst of a Pandemic
In the midst of Independence Day, a sense of nationalism is not limited to flag symbols and flag ceremonies. Expressing nationalism in the midst of a pandemic can be done by doing small and simple things, but it can be very influential, done together. This can be done by students who are often embedded as […]
Teatime: Getting to know The International Program at Department of Communication UII
International Communication Department program has been running since 2018. International programs are becoming increasingly important when the world is now interconnected. Now humans are no longer isolated by the state and nation, but have become global citizens. International competition and collaboration is a necessity. However, many students still feel that they do not have the […]
TeaTime: Nasionalisme di Tengah Pandemi
Di tengah hari kemerdekaan, rasa nasionalisme tak eebatas simbol bendera dan upacara bendera. Mengungkapkan nasionalisme di tengah pandemi bisa dilakukan dengan melakukan hal kecil dan simple, tapi bisa sangat berpengaruh besar dilakukan secara bersama-sama. Hal ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sering sekali tersemat sebagai agen perubahan. Heman Felani, salah satu dosen pengajar di Ilmu […]
Teatime: Mengenal International Program Komunikasi UII
International program Communication Department seudah berjalan sejak 2018. international Progam menjadi kian penting dirasakan ketika kini dunia sudah saling terhubung. Kini manusia sudah tidak lagi terskat oleh negara dan bangsa, tapi sudah menjadi warga global. Kompetisi dan kolaborasi secara internasional menjadi kebutuhan. Tapi, banyak mahasiswa masih merasa kecil diri merasa tidak punya kecakapan berbahasa inggris […]
Sosialisasi Bidang Minat Mahasiswa Angkatan 2019 (Reguler dan IP) Komunikasi UII
Assalaamualaikum Wr. Wb. Mahasiswa dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FPSB UII Angkatan 2019 (IP dan Reguler) yang akan menempuh semester lima (5) wajib hadir dalam acara Sosialisasi Bidang Minat pada: Hari/ Tanggal : Selasa, 24 Agustus 2021 Pukul : 13.00 WIB Link Zoom […]
Socialization of Student Interests for Class of 2019 (Regular and International Program)
Assalamualaikum Wr. Wb. Socialization of Student Interests for Class of 2019 (Regular and International Program) All Students at the Department of Communications, FPSB UII, Class of 2019 (International Program Class and Regular Class) who will take the fifth (5) semester are required to attend the Socialization of Study Interests on: Day/Date: Tuesday, August 24, 2021 […]
Kalender Akademik FPSB UII Semester Ganjil 2021-2022 (per 15 Juli 2021)
Kalender Akademik FPSB UII Semester Ganjil 2021-2022 (per 15 Juli 2021) dapat anda lihat di laman ini atau unduh di tombol berikut:
Sending Messages Through Conceptual Photography
Humans and nature coexist. But in recent years, the earth’s environment is not doing well. Human nature is greedy to make nature a victim. Earth, which was once beautiful, is now starting to be disturbed. Garbage that accumulates around us to deforestation causes an imbalance of nature. Starting from this idea about environmental issues, Gery […]
Long Covid: Gejala dan Cara Pencegahannya
Sebuah artikel dalam Journal of The Royal of Medicine (2021) menyebutkan bahwa penderita covid-19 pernah mengalami penyakit ringan hingga sedang. Waktu pemulihan rata-rata setelah terinfeksi Covid-19 adalah dua hingga tiga minggu. Durasi pemulihan tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Terlepas dari tingkat keparahan infeksi akut, satu dari lima orang mungkin mengalami gejala lebih dari lima minggu. […]
Kalender Akademik dan Jadwal KEY in RAS TA 2021/2022
Kalender Akademik dan Jadwal KEY in RAS TA 2021/2022 dapat anda unduh dalam versi PDF di tombol berikut:
Check Your Facts Before Uploading Website Content
The process of writing institutional website content cannot go through an instant process. It must be preceded by the mechanism of extracting and checking facts in the style of journalistic practice. This process is also known as the reporting process. Reportage is the backbone of making news by collecting, digging, and seeking information. The information […]
Long Covid Condition: Symptoms and How to Prevent
A Journal of The Royal of Medicine (2021) states that people with Covid-19 have experienced mild to moderate illness. The average recovery time after being infected with Covid-19 is two to three weeks. The duration of recovery depends on the severity of the symptoms. Regardless of the severity of the acute infection, one in five […]
Teatime: Reviewing Achievements in Archery and Lectures
Having many activities makes life always full of choices and sacrifices. Being an archery athlete as well as an international student, apart from being smart in managing time, you also have the ability to choose which ones to prioritize and which ones to sacrifice. Even though the choice is not always right and many make […]
Building Confidence with Public Speaking
The Covid-19 pandemic is not an obstacle for us to learn. Various online media have supported us to stay productive, even if only at home. So, on August 7, 2020, the Communication Study Program at the Islamic University of Indonesia for the class International Program collaborated with Elsa Speak Indonesia to hold a workshop “Building your Confidence with Enhancing […]
Teatime: Edisi Mengulik Prestasi di Panahan dan Kuliahan
Memiliki banyak kegiatan, pastilah hidup selalu penuh dengan pilihan dan pengorbanan. Menjadi atlit panahan sekaligus mahasiswa internasional selain harus pintar membagi waktu juga harus punya kemampuan memilih mana prioritas dan mana yang bisa dikorbankan. Meskipun pilihan tak selalu benar dan banyak membuat kesalahan, tapi dari proses itu akan memahamkan mana yang lebih baik dan bagaimana […]
Writing Web Content with Paraphrasing Techniques
Not many web managers know that content originality is the key. Originality really determines whether the website can be easily entered in the site search index. Whether it’s a Google search, Yandex, or Bing. The more original it is, the easier it will be to reach the first page of a Google search especially. So […]
Membangun Kepercayaan Diri dengan Public Speaking
Pandemi Covid-19 bukan alasan penghambat kita untuk belajar. Berbagai media online sudah menunjang kita untuk tetap produktif meskipun hanya di rumah saja. Maka, pada 7 Agustus 2020, Prodi Komunikasi Universitas Islam Indonesia kelas International Program berkolaborasi dengan Elsa Speak Indonesia mengadakan workshop “Building your Confidence with Enhancing the Public Speaking Skills”. Country Head ELSA SPEAK […]
Menulis Konten Web dengan Teknik Parafrase
Tak banyak pengelola web yang tahu bahwa orisinalitas konten adalah kunci. Orisinalitas sangat menentukan website dapat mudah masuk dalam indeks pencarian situs. Baik itu pencarian Google, Yandex, maupun Bing. Semakin orisinal, semakin mudah mencapai halaman pertama pencarian Google terutama. Begitu juga menulis konten web. Penulis harus memastikan kontennya ditulis dengan teknik parafrase. Teknik ini belakangan […]
Cek Faktamu Sebelum Unggah Konten Website
Proses menulis konten website institusi tak bisa melalui proses instan. Ia harus didahului dengan mekanisme penggalian dan pengecekan fakta ala praktik jurnalistik. Proses ini disebut juga dengan proses reportase. Reportase adalah tulang punggung membuat berita dengan cara mengumpulkan, menggali, dan mencari informasi. Informasi yang dicari harus berdasarkan fakta-fakta peristiwa. “Syarat informasi dapat dianggap menjadi berita […]
2nd Festival Konten Inspiratif: Kompetisi Video Tingkat Nasional
Uniicoms TV, Prodi Ilmu Komunikasi UII mempersembahkan: “Festival Konten Inspiratif” Kompetisi Video Tingkat Nasional Tema: “INSPIRASI SEKITAR KITA” Kategori: – Film Fiksi – Film Dokumenter – Video Podcast Persyaratan: – Pelajar, Mahasiswa, dan Umum – Warga Negara Indonesia – Individu/ Kelompok – Durasi 2 – 10 menit – Resolusi 1080p (ukuran bebas) – Belum pernah […]
Workshop Public Speaking IP of Communication UII x Elsa Speak Indonesia
International Program of Communication will invite: Yasser Muhammad Syaiful Country Head at ELSA Corp (Sociopreneur, Speaker & Education Specialist) Theme: Workshop Public Speaking IP of Communication UII x Elsa Speak Indonesia: “Build your Confidence with Enhacing the Public Speaking Skills” Schedule Time: Aug 7, 2021 01:00 PM Jakarta (UTC +7) Click to Join The Workshop […]
Menyampaikan Pesan Melalui Fotografi Konseptual
Manusia dan alam hidup berdampingan. Namun beberapa tahun belakangan ini, alam tidak baik-baik saja. Sifat manusia yang serakah membuat alam pun menjadi korban. Alam yang tadinya indah, sekarang mulai terusik. Sampah yang menumpuk di sekitar kita hingga deforestasi hutan yang menyebabkan ketidakseimbangan alam. Berangkat dari ide tentang isu lingkungan ini, Gery Cahayanta Perangin Angin, Mahasiswa […]
Alur dan Prosedur Pengurusan Cuti Kuliah (Prosedur Daring)
>>Alur dan Prosedur Versi PDF unduh di sini
Teatime: Archery VS Academic, Balancing Out Two Different Worlds at the Same Time
Teatime IPC will invite: Jemima Josephine Hormigas IP Communication Student Batch 2019 The next International Program of Communication’s Teatime Theme: Archery VS Academic, Balancing Out Two Different Worlds at the Same Time Live On Instagram Schedule Friday 6 August 2021 Start at 4-5 p.m (UTC +7) Start at 4 pm (UTC+7). Keep updated on IGTV […]
Diskusi Karya: Makhluk Hidup dan Lingkungan dalam Karya Fotografi Konseptual
Keinginan adanya lingkungan hidup yang baik terkadang terbentur oleh kemampuan untuk mengelola lingkungan itu sendiri. Deforestasi, sampah plastik, dan polusi menjadi masalah yang kerap terjadi dan sulit untuk diatasi. Gery Cahya Peranginangin, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII, lewat Tugas Akhirnya, mengajak kita untuk menumbuhkan kesadaran bahwa lingkungan perlu kita jaga dan lestarikan agar kebermanfaatan alam dapat […]
PSDMA NADIM Discussion: Integrated Marketing Strategy for Traditional Markets during a Pandemic
The fate of traditional markets has been underestimated. But the Perumda Pasaraya traditional market is just the opposite. However, after the pandemic, this market experienced a drastic decline. According to data from the Association of Indonesian Market Traders (APPSI), the sales turnover of traditional markets decreased by 35%. This condition makes traditional market managers must […]
Bisakah Bikin dan Edit Video Kreatif Hanya Dengan Ponsel Pintar
Filmmaking adalah pekerjaan yang membutuhkan kerja tim. Jika kita tak punya alat mumpuni sendiri, bisa ajak teman lain untuk urun daya. Bisa juga teman lain akan berbagi bukan di alat tapi membantu di pendanaan. “Jadi produksi iti bukan oleh satu orang. Misal aku punya ide bagus, tapi nggak punya gadget yang bagus, nah kamu bisa […]
Make and Edit Creative Videos With Just a Smartphone
Filmmaking is a job that requires teamwork. If we don’t have our qualified tools, we can invite other friends to the crowd. It is also possible that other friends will share not in tools but help in funding. “So the production is not done by one person. For example, I have a good idea. Still, […]
Diskusi PSDMA NADIM: Strategi Pemasaran Terpadu Pasar Tradisional di kala Pandemi
Nasib pasar tradisional selama ini dipandang sebelah mata. Tapi parasr tradisional Perumda Pasaraya justru sebaliknya. Hanya saja, setelah pandemi pasar ini mengalami penurunan drastis. Menurut data Asosiasi Pedangan Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), omset penjualan pasar tradisional menurun hingga 35%. Kondisi ini membuat pengelola pasar tradisional harus segera membuat strategi untuk kembali mendatangkan konsumen ke pasar. […]
Becoming a Hero Against the Corona Virus
No one is affected by the year then, he stays at home patiently and hopes for his blessing, so he always gets a reward. If he also realizes that no one can be hit by tha’un other than because of Allah’s provisions, then that will be a way to get rewards from Allah as well. […]
Menjadi Pahlawan Melawan Virus Korona
Tiada seorangpun yang terkena tha’un kemudian ia menahan diri di rumah dengan sabar dan mengharap ridhanya maka ia senantiasa mendapat ganjaran. Jika ia juga menyadari bahwa tak ada yang dapat terkena tha’un selain karena ketentuan allah maka itu akan menjadi jalan mendapat ganjaran dari allah pula. Jikapun ia mati, ia mati syahid. Veby Novri Yendri, […]
Tuition Fee Reduction and Covid-19 Mitigation
The Covid-19 pandemic has impacted all fronts—political, social, cultural, and economical. According to Tempo, in the first five months of the coronavirus spreading in Indonesia, the Indonesian Ministry of Manpower recorded more than 3 million people as having experienced layoffs. Some of these also have an impact on UII student parents. The Islamic University of […]
Keringanan Biaya Kuliah UII dan Mitigasi Covid-19 di Masa PPKM
Pandemi Covid-19 berdampak di segala lini. Baik lini politik, sosial, budaya, hingga ekonomi. Menurut laporan Tempo.co, pada 5 bulan pertama corona menyebar di Indonesia, lebih dari 3 juta orang Tercatat mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Beberapa di antaranya juga berdampak pada orang tua mahasiswa UII. Universitas Islam Indonesia (UII) merespon dampak ini dengan memberikan keringanan biaya […]
Following the Four Characteristics of AES Thought
Media life in Indonesia lost a lot after the departure of Amir Effendi Siregar (AES). This media thinker and guardian of media democratization in Indonesia is the cornerstone of media management studies and the forerunner of UII’s Communication Study Program. Many are inspired by and imitate the thoughts of AES. This is especially the case […]
Six Dimensions of Media Management with Amir Effendi Siregar
Business and media management are studies that are not widely used as special courses or majors in communication campuses in Indonesia. Not many people focus on being both a reviewer and a practitioner at the same time. Amir Effendi Siregar (AES), the founder of the Department of Communications at UII, and PR2Media, is one […]
Qualitative Research Praxis in Corporate Public Relations
Qualitative research for corporations and public relations is for the advancement of the company. Research is also the basis for company decisions and policies. PR Research prioritises the beneficial interests of company development rather than science. Research for corporate public relations is the spearhead of corporate image and crisis management. “What we mainly do in […]
Enam Dimensi Manajemen Media Bersama Amir Effendi Siregar
Bisnis dan Manajemen media adalah kajian yang tak banyak dijadikan mata kuliah khusus atau jurusan di kampus-kampus komunikasi di Indonesia. Tak banyak pula orang yang memfokuskan diri menjadi pengkaji sekaligus praktisi dalam satu waktu. Amir Effendi Siregar (AES), pendiri Komunikasi UII dan PR2Media, adalah salah satu yang menhadirkan kajian manajemen media dalam sebuah definisi yang […]
Meneladani Empat Ciri Pemikiran AES
Kehidupan media di Indonesia kehilangan banyak setelah kepergian Amir Effendi Siregar (AES). Pemikir media dan pengawal demokratisasi media di Indonesia ini adalah soko guru kajian manajemen media dan cikal bakal Prodi Komunikasi UII. Banyak yang terinspirasi dan meneladani pemikiran AES. Terutama hal ini muncul setelah terbit buku Melawan Otoritarianisme Kapital, Amir Effendi Siregar dalam Pemikiran […]
Praksis Riset Kualitatif dalam Kehumasan
Riset Kualitatif untuk korporasi dan humas sifatnya untuk kemajuan perusahaan. Riset juga menjadi dasar pengambilan keputusan dan kebijakan perusahaan. Ia lebih mengedepankan kepentingan praktis pengembangan perusahaan, ketimbang keilmuan. Riset untuk humas korporat menjadi ujung tombak citra dan manajemen krisis perusahaan. “Yang terutama kita lakukan dalam riset untuk kehumasan adalah mengapa itu terjadi, apa yang terjadi, […]
Teatime: Public Relations Duties in the Midst of a Pandemic
In times of crisis, the need for information is very fast. So does the flow of information. The number of needs and the flow of information often makes people panic, and confusing because of overlapping information. In an educational institution such as the Indonesian Islamic University (UII), a Public Relations (PR) team is needed to […]
Teatime: Tugas Public Relation di tengah Pandemi
Di saat-saat kondisi krisis, kebutuhan informasi sangat kencang. Arus informasi pun demikian. Banyaknya kebutuhan dan arus informasi tersebut sering kali justru membuat orang panik, dan simpang siur karena informasi yang saling tumpang tindih. Dalam sebuah institusi pendidikan seperti Universitas Islam Indonesia (UII), dibutuhkan sebuah tim Public Relation (PR) untuk mengatur informasi. Teatime kali ini, Kamis, […]
Keringanan SPP Mahasiswa Terdampak Pandemi 2021
Bersyukurlah kepada Allah, jika mata pencaharian orang tua/ penanggung biaya pendidikan anda tidak terdampak. Universitas Islam Indonesia memberikan keringanan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk mahasiswa aktif program sarjana dan program diploma, dengan ketentuan sebagai berikut:
Libur Hari Arafah dan Idul Adha 1442 H (19-20 Juli 2021)
Info Libur Hari Arafah dan Idul Adha 1442 H (19-20 Juli 2021) bisa anda lihat pada dokumen pengumuman Universitas file bentuk PDF berikut ini untuk lebih jelas.
Tracing the Concept of Public Broadcasting on AES Thought
Public broadcasting is a must. Public broadcasting is here to fulfill the public’s right to quality and high-quality information. From here, the public will become a civilized society because they are educated with information. With information, people can organize themselves and improve their quality of life and civilization. So, public broadcasting must be present as […]
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 Prodi Komunikasi FPSB UII
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 Prodi Komunikasi FPSB UII bisa diakses di tautan berikut:
Melacak Konsep Penyiaran Publik pada Pemikiran AES
Penyiaran publik adalah keniscayaan. Ia hadir sebagai pemenuh hak publik akan informasi yang berkualitas dan bermutu tinggi. Dari sini, publik akan menjadi masyarakat yang beradab karena teredukasi dengan informasi. Dengan informasi, masyarakat dapat mengatur dirinya sendiri dan meningkatkan kualitas hidupnya dan peradabannya. Maka, penyiaran publik harus hadir menjadi penyeimbang. “Di negara-negara yang demokrasinya maju, keberadaan […]
Teatime: Manajemen Prioritas Mengikuti International Credit Transfer
Kuliah di jurusan International di dua kampus sekaligus bukan perkara gampang. Tapi, bukan berarti hanya anak pintar saja yang bisa mengikutinya. Mengerjakan sesuatu yang besar tak mesti harus selalu mendapatkan nilai A dan IPK 4. Pengakuan tersebut keluar dari mulut Defita Dwinusa, mahasiswa Komunikasi UII International Program angkatan 2019. Defita diundang dalam ngobrol daring Teatime […]
Teatime: Priority Management Participating in International Credit Transfer
Studying International majors at two campuses at once is not an easy matter. But, that doesn’t mean only smart kids can follow it. Doing something big doesn’t have to always have an A mark and a GPA of 4. This talk came from the mouth of Defita Dwinusa, a student at the Department of Communication, […]
Praxis of AES Thought: Media Political Economy, Regulation, and Democracy
Amir Effendi Siregar is not only a thinker, he is also the initiator of many media movements and activists, as well as an ideologue of broadcasting democracy. This is not easy to find nowadays. AES thinking is broad and diverse. This can be a valuable lesson for future generations, especially in UII of Department of […]
Praksis Pemikiran AES: Ekonomi Politik Media, Regulasi, dan Demokrasi
Amir Effendi Siregar tak hanya menjadi pemikir, ia juga adalah inisiator banyak gerakan dan aktivis media, juga ideolog demokrasi penyiaran. Inilah yang tak mudah ditemukan kini. Pemikiran AES sangat luas dan beragam. Ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi generasi penerus, terutama di Komunikasi UII. Kristiawan mengatakan, pemikiran AES membentang dari ekonomi politik, regulasi, penyiaran dan […]