Selamat Datang di

Ruang Belajar Bagi

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Calon Jurnalis, Praktisi Humas,
Peneliti, Aktivis, Kreator Konten
dan Pemimpin Industri Media Kreatif
- ONLINE SERVICES - Layanan Daring
CONFERENCE
JOURNAL
NADIM
IKONISIA TV

Selamat Datang di

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Kenapa Harus Ilmu Komunikasi UII

Karena Kuliah di Prodi Komunikasi UII, bisa menambah pengalaman, wawasan dan keterampilan di bidang Public Relations, Jurnalisme  Kajian Media, dan Media Kreatif. Tidak hanya teori yang dipelajari dikelas tetapi mahasiswa juga langsung praktek!

Prospek Karier Ilmu Komunikasi UII

Lulusan Program Studi ini dapat mengembangkan karier sebagai profesional di bidang komunikasi sesuai dengan bidang minatnya seperti reporter, redaktur, fotografer, kameramen, video jurnalist, praktisi public relations dan berbagai profesi lainnya,

Unggulan di Ilmu Komunikasi UII

Program studi ini memiliki laboratorium yang memadai untuk praktikum mahasiswa, yaitu Laboratorium Audiovisual, Laboratorium Audio, Laboratorium Fotografi & Multimedia yang di dalamnya tersedia ruang interaksi TV Online bernama IKONISIA TV, serta Pusat Studi dan Dokumentasi Media Alternatif (PSDMA) NADIM. Prodi Ilmu Komunikasi UII telah memiliki jejaring kerjasama yang kuat dengan lembaga dan komunitas aktivis media, demokrasi, dan HAM (Pecinta Penyiaran Sehat, Aliansi Jurnalis Independen/ AJI, Persatuan Wartawan Indonesia/ PWI, Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran/ KNRP, jaringan NGO seperti Remotivi, Combine Resource Institution, Rumah Perubahan LPP, Masyarakat Peduli Media, PR2Media, Infest Yogyakarta, PSG UII, Pusham UII, dan lain-lain), dunia industri media dan komunikasi, lembaga negara yang terkait dengan media dan komunikasi (Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Informasi Pusat, Dewan Pers, RRI, TVRI, dan lainnya)

LAYANAN DARING KOMUNIKASI UII
RADIO GALAXY
FORUM AMIR EFFENDI SIREGAR
PODCAST SERUMPUN: Ngapain Aja di Ilmu Komunikasi?
P2A PASSAGE TO ASEAN

Berita Pilihan

Tetap terhubung dengan berita dan informasi terbaru tentang berbagai aktivitas di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi Sosial dan Budaya Universitas Islam Indonesia

Hari Pendidikan Nasional ‘Esensi Menjadi Terdidik’
,

Hari Pendidikan Nasional ‘Esensi Menjadi Terdidik’

Terhitung 77 kali Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei dirayakan setiap tahunnya. Selain berterimakasih terhadap para tokoh yang membawa perubahan besar dalam sejarah pendidikan, sudah selayaknya melakukan refleksi. Di momen…
Visiting Professor Merlyna Lim dalam Grand Launching MIKOM UII
,

Visiting Professor Merlyna Lim dalam Grand Launching MIKOM UII

Visiting professor menjadi salah satu program unggulan di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII). Resmi diluncurkan pada Selasa, 29 April 2025 di GKU Dr. Sardjito UII kali ini MIKOM kedatangan Prof. Merlyna Lim dari Carleton…
Mikom UII
,

Grand Launching Magister Ilmu Komunikasi UII ‘Digital and Environmental Communication’

Tercatat 20 tahun berdiri Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) akhirnya secara resmi lakukan grand launching Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) pada Selasa, 29 April 2025 di GKU UII. Fokus pada kajian Digital and Environmental…
Ask the Expert: Opini Bisa kena Pasal? Ancaman Nyata di Balik Revisi UU TNI
,

Ask the Expert: Opini Bisa kena Pasal? Ancaman Nyata di Balik Revisi UU TNI

Ramai-ramai penolakan revisi UU TNI terus bergulir. Teranyar, deretan media nasional melaporkan beberapa mahasiswa meminta Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan hasil revisinya. Laporan dari Tempo tentang Aktor, Modus, dan Motif Revisi Undang-Undang…
Selamat Hari Kartini ‘Memotret Pengabdian Perempuan’
,

Selamat Hari Kartini ‘Memotret Pengabdian Perempuan’

21 April menjadi momentum yang dirayakan di Indonesia sebagai Hari Kartini. Kartini adalah perempuan yang endapat gelar pahlawan nasional yang berjuang untuk kesetaraan gender terutama atas pendidikan perempuan. Lahir pada 21 April 1879 dan…
Hari Konsumen Nasional: Memahami Konsumen Melalui Pendekatan Komunikasi
,

Hari Konsumen Nasional: Memahami Konsumen Melalui Pendekatan Komunikasi

Hari Konsumen Nasional di Indonesia diperingati setiap 20 April, momentum ini tertuang pada Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012. Sementara pemilihan tanggalnya mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan yang disahkan tanggal…
Influencer: Kekuatan Opini dan Kepercayaan Publik
,

Influencer: Kekuatan Opini dan Kepercayaan Publik

Mengapa masyarakat lebih percaya dengan influencer di media sosial dibandingan sumber kredibel lainnya? Ini adalah pertanyaan pragmatis yang sebenarnya sederhana dan memiliki berbagai versi jawaban. Jika dikaitan dengan fenomena sosial, hal…
Hari Film Nasional 2025: Merayakan dengan Membaca Hasil Riset Kajian Film
,

Hari Film Nasional 2025: Merayakan dengan Membaca Hasil Riset Kajian Film

Hari film nasional yang dirayakan setiap 30 Maret menjadi momentum untuk berefleksi terkait proses dan perkembangan film di Indonesia. Singkatnya, perayaan ini mengacu pada film pertama Darah dan Doa yang diproduksi pada 30 Maret 1950 oleh 1950. Beragam…
Ask the Expert: Puasa Medsos hingga Rekomendasi Konten di Bulan Ramadan
,

Ask the Expert: Puasa Medsos hingga Rekomendasi Konten di Bulan Ramadan

Ask the Expert merupakan tajuk baru yang memuat gagasan dari para ahli sesuai bidangnya. Expert di sini merujuk kepada dosen-dosen di Jurusan Ilmu Komunikasi UII. Dalam seri perdana, tim menunjuk Iwan Awaluddin Yusuf, S.IP., M.Si., Ph.D untuk…

PENGUMUMAN

AGENDA

LOWONGAN MAGANG/ KERJA

Fasilitas

LABORATORIUM

Laboratorium Audiovisual
Laboratorium Audio
Laboratorium Fotografi & Multimedia