Laboratorium Audio Visual didirikan untuk menunjang mata kuliah praktikum Produksi Video, Produksi Berita Konvergen, Produksi Media Kehumasan, Produksi Media Kreatif,  Produksi Fiksi, dan Produksi Dokumenter.

Mahasiswa dan dosen melakukan beragam pembelajaran antara lain praktek menjadi presenter, penyiaran, reporter, kreator konten, dan camera person, sebagai pengalaman awal di dunia kerja profesional. Selain itu, laboratorium ini diperuntukkan bagi pengembangan keterampilan produksi film dan program televisi mahasiswa Ilmu Komunikasi UII. Mahasiswa dan dosen berproses mengasah kemampuan berkreasi untuk memproduksi gagasan karya kreatif berbasis media seperti perfilman, penerbitan periklanan, desain grafis, musik dan lain sebagainya.

Operasional harian Laboratorium Audiovosual yang sebelumnya dikenal luas sebagai Laboratorium Televisi & Film Program Studi Ilmu Komunikasi UII dikelola oleh Tim Laboran dan Klub Sinematografi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII (Kompor.kom).

Kompor.kom yaitu Komunitas Pilem Orang Komunikasi yang merupakan suatu wadah mahasiswa untuk mengembangkan skill mahasiswa dalam bidang perfilman (di balik layar). Proses tersebut antara lain, pembuatan naskah, setting tempat/ studio, pengambilan gambar/syuting, editing gambar.