Hubungi Kami
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia
Telephone: +62-274-898444 ext. 3267
Faks: +62 274 898444 ext. 2106
Email: [email protected]
Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2022
Pahami Jurnalisme Sensitif Gender Sebelum Menulis
Reading Time: 3 minutesPerempuan masih menjadi minoritas, sedikit sekali perempuan yang menempati posisi strategis di media. Padahal kehadiran perempuan di posisi strategis internal media dapat mengurangi objektifikasi perempuan oleh media. Baik media film, televisi, iklan, game, dan produk-produk jurnalistik. Objektifikasi perempuan oleh media sering terjadi juga karena perempuan dianggap sebagai komoditas menarik di media. Baik sebagai dalam bentuk […]
Selami Diri Dengan Bergabung ke IISMA
Reading Time: 2 minutes“Indonesia tak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda,” Itu adalah kata-kata jurnalis terkemuka Indonesia: Najwa Shihab. Anak muda Indonesia sangat berperan penting dalam memajukan bangsa dan negara. Maka pada 2021, demi memajukan kaum muda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan program IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards […]
Practicing Quantitative Methods Towards Quality Journals
Reading Time: 2 minutesMethods are mere tools. It helps research achieve its goals. Therefore, the method as far as possible is mastered by all. Both qualitative and quantitative research methods. With quantitative methods, research can look at various statistical and numerical possibilities. Kunto Adi Wibowo, Lecturer at Fikom Unpad, Bandung, received the message from his professor during his […]
Menulis Bergaya dengan Feature
Reading Time: < 1 minuteFeature memungkinkan kita menulis dengan penuh gaya. Tulisan berita kisah, atau biasa disebut feature, bisa bikin penulis eksplorasi gaya Bahasa, menginjeksi nilai-nilai, hingga bercerita seperti dongeng. “Meski mirip bercerita atau dongeng, feature bukan imajinasi ya, hanya gayanya bercerita. Jadinya lebih luwes dan tidak kaku dibanding menulis berita hardnews,” kata A. P. Wicaksono, pembicara dari pengelola […]
Bikin Riset Sebelum Bikin Podcast
Reading Time: 2 minutesRiset menjadi penting dalam produksi konten kreatif. Riset menentukan seberapa kuat konten podcast yang akan anda buat. Ide kreatif juga akan muncul dengan sendirinya ketika riset konten podcast dilakukan. Termasuk meneliti konten-konten podcast milik orang lain. Setidaknya, ada lima tips dalam melakukan riset agar menjadikan konten podcast Anda unik dan menarik. “Pertama, tentukan dulu mau […]
Berlatih Metode Kuantitatif Menuju Jurnal Berkualitas
Reading Time: 2 minutesMetode adalah semata alat. Ia membantu penelitian mencapai tujuannya. Oleh karenanya, metode sedapat mungkin dikuasai semuanya. Baik itu metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Dengan metode kuantitatif, riset bisa melihat beragam kemungkinan statistik dan angka. Kunto Adi Wibowo, Dosen di Fikom Unpad, Bandung, mendapatkan pesan itu dari profesornya selama ia studi doktoral di Amerika Serikat. Sejak […]
Write Stylish with Features
Reading Time: 2 minutesFeatures allow us to write in style. Writing news stories, or commonly called features, can make writers explore language styles, inject values, and tell stories like fairy tales. “Although it looks like a story or a fairy tale, the feature is not an imagination, it’s just a storytelling style. It’s more flexible and less rigid […]
How to Review Quantitative Research
Reading Time: 2 minutesIf you review research journal manuscripts with quantitative methods, be sure to do an empathetic review. Submission of criticism is good, but still must be constructive. As a manuscript reviewer, make sure that you do not have a conflict of interest with the content of the manuscript. “Immediately inform the editor if you have a […]
Teatime: Attracting Buyers with Copywriting
Reading Time: 2 minutesWriting is not an easy matter. Moreover, writing so that many people buy and are interested in the products we sell. Writing for advertising content especially, can’t be too long, let alone convoluted. Advertising content must persuade people to at least stop viewing our products. The key to reaching consumers is to write-copywriting eye catching, […]
Bagaimana Mengulas Penelitian Kuantitatif
Reading Time: < 1 minuteJika anda melakukan review (mengulas) naskah jurnal penelitian dengan metode kuantitatif, pastikan lakukan penelaahan secara empatik. Penyampaian kritik itu baik, tetapi tetap harus konstruktif. Sebagai reviewer naskah, pastikan juga anda tidak memiliki konflik kepentingan dengan konten naskah. “Segera informasikan pada editor jika anda memiliki conflict of interest,” kata Kunto Adi Wibowo, dosen Fikom Unpad, di […]