BERITA PILIHAN

PILMAPRES FPSB UII

Pemilihan mahasiswa berprestasi (PILMAPRES) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII 2023 saat ini tengah berlangsung. Berikut informasi lengkap mengenai persyaratan, proses seleksi, dan timeline pelaksanaan.  PILMAPRES merupakan pemilihan mahasiswa berprestasi pada tingkat fakultas di FPSB. Artinya seluruh mahasiswa dari Prodi di FPSB dipersilahkan untuk mendaftar dengan catatan memenuhi persyaratan.  Sebelumnya PILMAPRES FPSB dikenal […]

Revisi jadwal ujian remediasi daring FPSB

Informasi terbaru jadwal ujian remediasi Semester Ganjil TA 2022-2023 Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya yang akan dilakukan secara daring.  Ujian remediasi daring akan dilaksanakan pada 25 – 26 Januari 2023. Bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII baik Reguler maupun International Program (IP) yang belum mencapai standar nilai kelulusan mata kuliah tertentu maka perlu mengikuti […]

Predikat kelulusan di Universitas Islam Indonesia (UII) kini mengalami perubahan. Untuk mendapatkan predikat Cum Laude mahasiswa harus menyelesaikan masa studi tidak lebih dari 4 tahun 3 bulan.  Aturan tersebut tertera pada  Pasal 28 dan 46 Peraturan Universitas Islam Indonesia No. 2 Tahun 2017, maka bagi mahasiswa Prodi angkatan 2018 dan setelahnya mulai berlaku ketentuan mengenai […]

Seminar Day 2023

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar “Seminar Day 2023” pada Selasa, 17 Januari 2023 secara daring untuk mahasiswa angkatan 2020 dan beberapa angkatan yang belum mengambil mata kuliah Seminar Proposal yang akan dimulai pada semester depan TA 2022-2023. Dalam “Seminar Day 2023” dibahas proses pengajuan dari outline hingga ACC dari dosen pembimbing. Wajib […]

Karang Taruna Tirta Yodha belajar podcast dengan Laboratorium Ilmu Komunikasi

  Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan studi dari Karang Taruna Tirta Yodha pada Kamis, 5 Januari 2023. Kunjungan Karang Taruna Kalurahan Tegaltirto, Kepanewon Berbah, Sleman, Yogyakarta di Laboratorium Ilmu Komunikasi bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan tentang produksi podcast serta pengelolaan media informasi bagi para pengurus Karang Taruna. Kunjungan tersebut diwakili 6 […]

Mayoritas festival film di kota menjadi agensi kultural karena kemampuannya untuk menawarkan hal-hal alternatif. Agensi kultural yang demikian juga meneguhkan branding tempat tertentu hingga identitas kota itu sendiri. Oleh ZAKI HABIBI 18 Desember 2022  Tulisan pernah dimuat Harian KOMPAS pada 18 Desember 2022. Artikel dimuat ulang untuk tujuan pendidikan dan penguatan isu kajian Film, Kota, […]

Rejeki bertambah, rejeki berkurang. Tapi tak pernah ada yang tahu, apakah rejeki itu berkah atau tidak. Atau justru rejeki yang kita dapat itu seringkali tidak kita syukuri? Sebenarnya, apa rejeki yang berkah itu? Barokah atau berkah itu adalah sesuatu yang tetap, yang langgeng, dan sesuatu yang bertambah-tambah kebaikannya. “Makanya itu NgajiKomunikasi kali ini saya beri […]

Fortune increases, and fortune decreases. But no one ever knows, whether fortune is a blessing or not. Or is it precisely the fortune that we get that we are often not grateful for? Actually, what is the blessing of fortune? Barokah or blessing is something that is permanent, lasting, and something that increases in goodness. […]

Banyak sekali tulisan yang diproduksii tiap bulannya di website, tapi sering kali jumlah pengunjungnya tidak maksimal. Selain itu, tingkat keterbacaannya juga kecil. Ini terlihat dari durasi kunjungan, tulisan panjang tetapi durasi kunjungannya hanya beberapa detik saja. Hal ini sangat disayangkan. Lalu bagaimana mengoptimalisasinya kunjungan dan konten yang ada? Hal ini dijawab dalam Pelatihan optimalisi website […]

Pertanyaan yang mengemuka dalam judul di atas adalah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam kunjungan mahassiswa Komunikasi UII ke beberapa perusahaan di Jakarta. Pertanyaan itu sering muncul ketika mahasiswa lulus dari kampus dan masuk dalam belantara dunia kerja dan profesi. Institusi yang akan menerima lulusan UII pasti akan bertanya dan mencari tahu: apa ‘value’ personal yang dapat […]