BERITA PILIHAN

communication department UII Commnunication for empowerment

Merintis Desa Wisata Edukatif Bambu Lestari Bulak Salak oleh : Daffa Firdaus Najati, Fadilla Silvia Suhartono, Sifa Auliyasari, Aqsha Narariya Yani dan Roiyan Nangim. Gerakan dan pengembangan desa secara mandiri sedang gencar dilakukan. Tak ketinggalan salah satu desa wisata di daerah Sleman, Yogyakarta yang secara bertahap merintis desanya sebagai desa wisata edukatif. Ialah Desa Wisata […]

communication department UII Commnunication for empowerment

oleh Muhammad Mikael Atthariq, Haninda Salsabillah, Alysa Chairunnisa S, Rezki Akbar, dan Muhammad Alfian Banyak sekali manfaat dan dampak yang bisa mempengaruhi penggunanya tergantung sikap pengguna dalam menggunakan teknologi itu. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi positifnya maka akan memberikan kemaslahatan bagi kehidupan itu sendiri dan begitupun sebaliknya. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi negatifnya […]

communication department UII Commnunication for empowerment

Mulai Januari hingga Maret 2020, kami akan melanjutkan mengunggah tulisan seri Komunikasi Pemberdayaan dari mata kuliah Manajemen Program Komunikasi non komersil di bawah supervisi Puji Hariyanti, S.I.Kom, M.I.Kom. Puji Hariyanti adalah dosen spesialis kajian klaster Komunikasi Pemberdayaan. Ia telah berkali-kalimendapatkan hibah-hibah dan riset soal pemberdayaan. Berikut ini adalah tulisan-tulisan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII tahun […]

Oleh Rachmat Arya Prayuda, Anindya Karina Putri, M Ikhsan Mahendra, Rahadyan Pakci Asmarandika (Mahasiswa Komunikasi UII)   Lupus Eritematosus Sistematik merupakan penyakit autoimun dengan pembentukan antibodi antinukleus (ANA), terutama terhadap double-stranded DNA (Anti ds-DNA). Pada LES terjadi inflamasi, vaskulitis, deposisi, kompleks imun, serta vaskulopati yang luas, dengan manifestasi klinis yang bersifat episodik dan multisistem. Sederhananya, […]

Batik adalah salah satu warisan kebudayaan Indonesia. Keberadaan batik seolah-olah menjadi magnet bagi wisatawan. Para wisatawan tidak hanya menyasar pada batik-batik yang sudah jadi. Proses pembuatan batik juga tidak kalah menarik dibanding batik itu sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah orang-orang yang menekuni batik semakin menurun. Yang tersisa hanyalah segelintir orang yang memang menekuni batik, […]

Sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi FPSB Universitas Islam Indonesia mengadakan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan ini dinamakan Rangkul Ceria. Nama Rangkul Ceria bertujuan agar mahasiswa dapat merangkul anak-anak untuk ceria bersama. Rangkul Ceria merupakan program sosial yang diadakan di Yayasan Sayap Ibu 2 Yogyakarta. Acara digelar dengan beberapa kegiatan. Misalnyapenyuluhan gaya hidup sehat dan praktik cuci […]

             Teman-teman IPM Madrasah Mu’allimin Yogyakarta baru saja melahirkan Bidang Media mereka pada tahun 2019. Hal ini membuat kami memiliki inisiatif untuk membuat sebuah kegiatan berupa edukasi media. Gunanya untuk memberi mereka pengetahuan mengenai hal-hal tentang media, terutama media dalam organisasi. Di antaranya pemahaman terkait apa itu media, bagaimana media berperan, […]

Reren Indranila Radar Jogja JAwa Pos di UII

“Kalau biasanya orang kasih 5W + 1H, saya tambahkan jadi 6W + 1H,” kata Reren Indranila dalam Workshop How to Create and Manage Impactful Website Content. Begitulah salah satu tip yang dibagikan Reren, Pemimpin Redaksi Radar Jogja, salah satu pembicara dalam workshop yang dilaksanakan oleh Humas UII pada 4 Desember 2019 di Lantai 4, Gedung […]

Dua Dosen Ilmu Komunikasi UII, Mutia Dewi dan Ali Minanto, atas dedikasi dan konsistensinya pada riset dan pemberdayaan di bidang pemberdayaan perempuan dilantik menjadi anggota Puspa (Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Dinas PPMPA Kota Yogyakarta. Pelantikan tersebut atas dasar SK Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, pada 3 Desember 2019 di Balai Kota Yogyakarta. […]

Konten Narasi TV Mata Najwa Dahlia Citra

Dahlia Citra menjelaskan dalam kesempatan Kuliah Umum “How To Create Impactful Media” kali itu bagaimana Narasi TV menciptakan konten-kontennya. Pertama, pertimbangkan target audience. Citra waktu itu berpikir bersama tim, sepertinya klien butuh konten tentang perempuan. “Tapi tak mungkin memasang Najwa Shihab untuk konten tutorial make up, bukan?” Katanya. Maka setelah menganalisa target audience tadi, dilanjutkan […]