20 Kelompok rintisan usaha yang tergabung dalam nama Gandeng Gendong di Kota Yogayakarta rampung mengikuti pelatihan merancang konten berita website bersama Narayana Mahendra Prastya, Dosen Komunikasi UII yang fokus kajiannya ada di klaster jurnalisme dan komunikasi krisis. Kegiatan yang berlangsung pada 24/10 ini dilaksanakan di Gedung PKK di Komplek Balai Kota Yogyakarta.

Sebanyak 20 perwakilan rintisan usaha ibu-ibu di kodya Yogyakarta mengikuti paparan Narayana. Selain menjelaskan soal urgensi, fungsi, dan tips menulis berita di website, para ibu pengusaha umkm ini bahkan juga latihan menulis rancangan konten website. “Konten tersebut sebisa mungkin konten yang dapat memancing pembeli,” kata Narayana, yang juga sering meneliti di tema komunikasi olahraga. “Bayangkan ibu-ibu menulis konten website mengenai edukasi, tips, dll yang “memancing” orang untuk menggunakan produk/jasa anda,” tambahnya.

Strukturnya, kata Nara, bisa dimulai dengan Judul yang merangkum keseluruhan isi tulisan. Kelebihan, keuntungan, dan manfaat dari produk atau jasa yang dijual wajib untuk ditulis juga. Selain itu, dan yang sering penjual lupa adalah: edukasi.

Edukasi berarti informasi yang sifatnya “did you know”. Konten “Did You Know”/”tahukah anda” memenuhi rasa ingin tahu pembaca sehingga pembaca terpancing membeli produk atau menggunakan jasa.

Semua peserta menulis rancangan konten berita websitenya dalam secarik kertas folio. Narayana juga rajin membahas satu per satu hasil karya peserta sembari memberi masukan dan saran di sana-sini.