Yogyakarta-Televisi Streaming merupakan salah satu platform yang bisa dijadikan sebagai media alternatif dalam proses penyebaran informasi audio visual bagi suatu komunitas.  Selain itu juga bisa dijadikan sebagai platform yang tepat untuk menyalurkan potensi mahasiswa di dunia broadcasting. Berdasarkan hal tersebut, program studi Ilmu Komuikasi Universitas Islam Indonesia berinisiatif untuk membuat program Televisi streaming yang akan dilaunching pada awal tahun 2018.

Keseriusan dalam menggarap pelaksanaan program ini dibuktikan dengan digelarnya workshop terkait persiapan TV Streaming (17/11/17) yang diikuti oleh perwakilan dosen, staf prodi, laboran, staf PSDMA Nadim dan perwakilan dari mahasiswa komunikasi UII. Workshop tesebut digelar di lantai 2 Gedung FPSB UII dengan mengundang Tomy Widiyatno Taslim dari Yayasan Festival Film Pelajar Yogyakarta sekaligus penggiat media alternatif.

Tomy menjelaskan bahwa untuk fenomena pengelolaan TV streaming saat sekarang ini disarankan lebih berfokus terhadap pengelolaan TV Streaming dibandingkan terhadap pengelolaan konten. Karea menurutnya perhatian peran Program Manger dalam pengelolan ini sangat  penting karena eksistensinya akan mempengaruhi keberlangsungan terjalannya program TV ini secara berkelanjutan. Sedangkan untuk program acara yang akan ditayangkan, Tomy merekomendasikan untuk melakukannya dengan cara produksi, barter dengan jejaring, dan juga melalui perlombaan. Selain itu juga ada tiga hal lainnya yang menjadi perhatian dalam proses pengelolaan televisi streaming,  diantaranya pemograman, marketing dan teknik.

Pelatihan tersebut digelar dengan harapan mampu  meningkatkan kualitas dan produktivitas program studi Ilmu Komunikasi UII ke depannya. Tidak hanya berbicara tentang pelatihan seputar Persiapan  TV streaming saja, pelatihan tersebut juga sekaligus membincangkan  terkait beberapa rancangan program lainnya. Seperti program Festival Film Pelajar (Internasional/Asia), pemberdayaan masyarakat dalam konteks media alternatif dan project terkait Film Dokumenter tentang sejarah Perkembangan Islam di Indonesia.

 

Penulis: Risky Wahyudi

Foto: Risky Wahyudi