Creative Thinking And Creating Digital Content Untuk SMP Negeri 1 Pakem
oleh Muhammad Mikael Atthariq, Haninda Salsabillah, Alysa Chairunnisa S, Rezki Akbar, dan Muhammad Alfian
Banyak sekali manfaat dan dampak yang bisa mempengaruhi penggunanya tergantung sikap pengguna dalam menggunakan teknologi itu. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi positifnya maka akan memberikan kemaslahatan bagi kehidupan itu sendiri dan begitupun sebaliknya. Jika mereka menggunakan teknologi dari sisi negatifnya maka akan banyak menimbulkan masalah bagi kehidupannya.
Manfaat yang harus gali adalah peluang pekerjaan baru di bidang digital seperti graphic designer, fotografer dan videografer. Setiap lini pekerjaan ini sangat dibutuhkan di era new media saat ini. Beberapa Sekolah pun dalam memberikan informasi kepada siswa-siswinya saat ini sudah menggunakan platform-platform new media diantaranya sosial media. Salah satu diantaranya adalah Instagram. Instagram adalah platform komunikasi yang sangat banyak digunakan oleh setiap orang, instansi maupun lembaga saat ini.
Smpn 1 Pakem berjarak sekitar 4 km dari Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia. Jarak yang cukup dekat bagi kelompok kami untuk melaksanakan kegiatan Non-Komersil ini. Dimulai sejak tanggal 23 November 2019 dan berakhir di minggu- minggu desember kemarin. Kegiatan kami berupa rangkaian pelatihan, praktek dan penyusunan yang nantinya akan menghasilkan akun official Instagram dari Smpn 1 Pakem ini.
Hari pertama pelatihan dibuka oleh pihak sekolah dan ketua dari kelompok kami Muhammad Alfian dengan mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu acara ini. Lalu agenda kami lanjutkan dengan pelatihan oleh mitra dari @Noctis_project dengan materi creating digital dan fotografi.
Hari kedua kami lanjutkan di minggu selanjutnya dengan materi pelatihan creating digital content dan creative thinking oleh tim Non-Komersil kami. Materi dibuka oleh ketua pelaksana kami Muhammad Alfian dan dibantu oleh rekan-rekannya.
Hari ketiga kami melakukan praktek lapangan untuk kebutuhan materi konten yang nanti akan dipublikasikan sebagai content digital pertama Smpn 1 Pakem. Pelatihan ini melibatkan seluruh tim dibantu oleh teman-teman dari KLIK.18
Pertemuan terakhir setelah praktek, kami memberikan evaluasi kepada siswa/i atas hasil pertama konten mereka yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan ini, kami memberikan sedikit hadiah bagi setiap kelompok yang sudah aktif melaksanakan kegiatan kami.
Kegiatan yang dimulai pada tanggal 23 November 2019 yang berlokasi di SMPN 1 Pakem dan berlokasi hanya 4 km dari Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan, praktik dan penyusunan yang nantinya akan menghasilkan akun official Instagram dari Smpn 1 Pakem.
Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Muhammad Alfian dan pemberian materi oleh rekannya sendiri dari @Noctis_Project yaitu Ari Jinu. Ari Jinu memberikan materi tentang basic-basic dalam fotografi kepada siswa SMPN 1 Pakem. Sebagian besar siswa SMPN 1 Pakem ini sangat tertarik dengan fotografi. Hari pertama ini cukup terlaksana dengan baik oleh semua anggota kelompok.
Minggu kedua dibuka dengan materi pelatihan creating digital content dan creative thinking. Materi dibuka oleh ketua pelaksana kami Muhammad Alfian dan dibantu oleh Ari Jinu. Disisi lain, pihak sekolah juga memberikan respon yang sangat positif. Hari ketiga dilakukan praktek lapangan untuk kebutuhan materi konten yang nanti akan menjadi content digital pertama Smpn 1 Pakem.
Pelatihan ini melibatkan seluruh tim dibantu oleh teman-teman dari KLIK.18. Pertemuan terakhir, diberikan evaluasi kepada siswa/i atas hasil pertama konten mereka yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan ini, kami memberikan sedikit hadiah bagi setiap kelompok yang sudah aktif melaksanakan kegiatan kami.
Kendala yang kami rasakan mungkin sebagian kecil dari siswa SMPN 1 Pakem ini kurang tertarik dengan pelatihan fotografi dan mengelola akun sosial media. Padahal dari pihak sekolah sendiri sangat mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini juga sangat berguna sebagai identitas sekolah agar lebih dikenal oleh semua orang dan menjadi suatu kebanggan sekolah. Dalam kegiatan ini akan lebih baik jika semua siswa tertarik terhadap pelatihan ini. Kegiatan ini juga dapat bermanfaat dalam memberi pengetahuan marketing dalam media sosial.
————
Mulai Januari hingga Maret 2020, kami akan mengunggah tulisan seri
tentang manajemen komunikasi non komersil di bawah supervisi Puji Hariyanti, S.I.Kom, M.I.Kom.
Puji Hariyanti adalah dosen spesialis kajian klaster Komunikasi Pemberdayaan. Ia telah berkali-kali
mendapatkan hibah-hibah dan riset soal pemberdayaan. Berikut ini adalah tulisan-tulisan mahasiswa
Prodi Ilmu Komunikasi UII tahun angkatan 2017 ketika mengambil mata kuliah Manajemen Komunikasi Non Komersil. Tulisan diterbitkan dengan melewati proses bimbingan Puji Hariyanti dan tahap penyuntingan oleh A. Pambudi W.