Serial Komunikasi Pemberdayaan oleh Mahasiswa Komunikasi UII

communication department UII Commnunication for empowerment
Reading Time: 2 minutes

Mulai Januari hingga Maret 2020, kami akan melanjutkan mengunggah tulisan seri Komunikasi Pemberdayaan dari mata kuliah Manajemen Program Komunikasi non komersil di bawah supervisi Puji Hariyanti, S.I.Kom, M.I.Kom. Puji Hariyanti adalah dosen spesialis kajian klaster Komunikasi Pemberdayaan. Ia telah berkali-kalimendapatkan hibah-hibah dan riset soal pemberdayaan.

Berikut ini adalah tulisan-tulisan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII tahun angkatan 2017 ketika mengambil mata kuliah Manajemen Komunikasi Non Komersil. Tulisan diterbitkan dengan melewati proses bimbingan Puji Hariyanti dan tahap penyuntingan oleh A. Pambudi W.

Kegiatan mahasiswa ini merentang dari pemberdayaan dengan beragam isu. Misalnya mulai dari isu penderita lupus, jurnalistik, fotografi, membatik, pelestarian permainan tradisional, pengembangan diri, kesehatan reproduksi untuk remaja, hingga isu-isu seperti isu lingkungan, pengurangan sampah plastik, kesehatan mental, dan media kreatif. Setiap kelompok mahasiswa menggandeng mitra yang dapat menyokong jalannya acara baik dari sisi konten maupun finansial.

Manajemen Program non komersil mencoba memantik ruh pemberdaya dalam tiap sanubari mahasiswa komunikasi. Semua program yang dilakukan mahasiswa ini menyiratkan pesan bahwa menjadi berdaya tidak harus muluk, tak harus besar, dan ia harus inklusif: kolaborasi multipihak, kreatifitas multidisiplin, dan sarana multiplatform. Ada nuansa kreatif, inspiratif, dan berdaya bersama dalam tiap program itu. Kental semangat warga berdaya dengan spirit urun daya.

Meski ada beberapa konsep program yang terlihat sederhana, kurang matang, ataupun tak mendalam analisis sosialnya, tentulah itu bakal menjadi pembelajaran. Catatan untuk pelecut dan refleksi atas program penguatan dan pemberdayaan warga. Maka, masukan dan saran anda penting kiranya.

Wal Akhir, jika anda membaca artikel tiap program, anda akan semakin yakin, bahwa masa depan umat manusia (dan bumi) bakal cerah jika nurani yang murni selalu dipupuk tanpa embel-embel keuntungan profit. Tak selamanya segalanya mesti dibumbu tujuan keuntungan ekonomi uang. Anda dapat mengikutinya dengan mengetik kata kunci Pemberdayaan Masyarakat atau Komunikasi Pemberdayaan di kolom pencarian/ search situs kami. Selamat membaca dan mengikuti tiap artikel dengan tag #KomunikasiPemberdayaan, #Pemberdayaanmasyarakat #pemberdayaan #nonkom.

Menyemai semangat Communication for Empowerment.

Penyunting_