Pentingnya ‘Communication Skill’ dalam Dunia Kerja hingga Menjadi Penentu Kesuksesan
Berseliweran di berbagai media online terkait artikel yang menyebutkan jika jurusan Ilmu Komunikasi adalah pilihan yang tepat untuk seseorang yang “tidak pintar”.
Terkait kata “tidak pintar” menurut KBBI VI Daring, pintar berarti pandai, cakap, banyak akal hingga mahir melakukan atau mengerjakan sesuatu. Sementara tidak adalah bentuk penolakan dan penyangkalan.
Padahal salah satu kemampuan yang menentukan kesuksesan dalam dunia kerja adalah Communication Skill dan tentu saja menjadi kunci utama jurusan Ilmu Komunikasi.
Menurut HubEngage sebuah Perusahaan Business Cloud Communications yang berlokasi di Cambridge menyebut jika keterampilan komunikasi di ruang kerja tidak hanya penting untuk menjaga hubungan baik antara karyawan dan manajemen tapi juga menjadi peran kunci produktivitas dan efisiensi sehingga menentukan keberhasilan sebuah bisnis dan unggul dalam persaingan.
Salah satu mahasiswa Internasional Program Ilmu Komunikasi yang telah lulus beberapa bulan lalu yakni Suwaibah Mataeha, menyebut jika mengenyam pendidikan empat tahun di jurusan Ilmu Komunikasi telah mempertemukan dirinya dengan orang-orang yang open minded.
Tak hanya itu, bagi seorang mahasiswa asing dari Thailand, tentu kendala komunikasi menjadi persoalan besar. Namun dengan ilmu yang diperoleh ia bahkan mampu bernegosiasi dengan klien yang dihadapinya.
“Bukan tidak pintar, menurutku banyak orang-orang yang kreatif cenderung berpikir terbuka di jurusan Ilmu Komunikasi. Ilmu yang bisa kudapat jadi memudahkan untuk kerja dengan banyak orang, kolaborasi semakin mudah. Selain itu communication skill yang saya memiliki sangat mendukung dalam pekerjaan saya di bidang desain grafis dan edit video, antara saya dan klien negosiasi berjalan sesuai rencana,” jelasnya.
Cerita menarik datang dari Arsila Khairunnisa mahasiswa Ilmu Komunikasi UII yang tengah mengerjakan skripsi, ia menerangkan jika banyak teman-temannya yang masuk jurusan ini lantaran belum tahu tujuan setelah study. Dugaan inilah yang membuatnya mengira jika asumsi “tidak pintar” menjadi ungkapan untuk jurusan Ilmu Komunikasi.
“Memang banyak sekali saya menemukan teman-teman yang berujung memilih komunikasi karena mereka tidak tau harus memilih jurusan apa dan tidak mengerti apa yang menjadi potensi diri mereka sehingga mereka memilih komunikasi dengan harapan bahwa jurusan ini akan mudah di pelajari dan mudah untuk mereka gapai,” ujar Arsila.
Bagi dirinya yang sedari awal memang memilih jurusan Ilmu Komunikasi, nyatanya banyak hal yang membuatnya membaca peluang begitu luas. Tak hanya itu dinamisnya Ilmu Komunikasi mampu beradaptasi dengan berbagai tren yang terjadi pada kehidupan sosial.
“Terkait statement bahwa jurusan komunikasi itu adalah jurusan bagi mereka yang ingin santai dan tidak mau capek belajar itu sangat salah. Karena nyatanya kita belajar untuk bisa menguasai soft skill dan hard skill yang sangat dibutuhkan bagi hampir semua sektor perusahaan bahkan hampir semua profesi pekerjaan. Justru berkuliah di komunikasi membuat kita bisa lebih tanggap akan hal-hal baru dan kekinian, sehingga kita dituntut kreatif dan adaptable,” tambahnya.
Sementara terkait pernyataan communication skill sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang di dunia kerja ternyata banyak pula dibahasa diberbagai dunia, salah satunya University of Southern California dalam artikel berjudul “Why Is Effective Communication Important to Career Success?” menyebut beberapa poin penting antara lain Communication skill yang penting untuk kesuksesan karier, mitigasi konflik, mengidentifikasi dan membangun keahlian komunikasi spesifik, menerapkan rencana komunikasi, pentingnya komunikasi untuk remote team, mengembangkan keterampilan untuk kesuksesan, hingga komunikasi dengan C-Level professional.
Communication skill ternyata tak hanya tentang mampu berkomunikasi dengan efektif (kemampuan menyampaikan informasi dan ide secara ringkas dan akurat), namun mampu menciptakan lingkungan tim yang positif. Mengutip dari laman Leadership Choice sebuah penyedia jasa training di Mesa, Amerika menyebut jika komunikasi adalah bagian integral dari penjualan, hubungan dengan klien, pengembangan tim, budaya perusahaan, keterlibatan dan dukungan karyawan, serta pemikiran yang inovatif.
Bagaimana pendapatmu soal ini Comms, kira-kira bagaimana pengalamanmu kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi?
Penulis: Meigitaria Sanita