Dalam rangka meningkatkan kapisitas (Capacity Building), mahasiswa Program Studi Imu Komunikasi UII, Galih Yoga Wicaksono dan staf PSDMA ‘Nadim’ Komunikasi, Risky wahyudi mengikuti Solo Photostory #2 Workshop yang digelar oleh Fotina Photo Library di Solo dari tanggal 10 Maret hingga 14 Maret 2018. Kegiatan ini merupakan workhop pelatihan tentang fotografi, khusunya Photo Story. Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa peserta yang berasal dari berbagai kota seperti Solo, Bandung dan Yogyakarta.

Selama lima hari peserta dikarantina untuk masing-masingnya membuat satu proyek Photo Story yang nanti outputnya berupa buku fotografi dengan kompilasi karya peserta workhop. Kegiatan ini dimentori oleh fotografer dan juga videografer yang cukup berpengalaman di bidangnya seperti Boy Harjanto (EPA Photo Stringer), Maulana Surya (Antara Foto), dan Yudi Sastroredjo (Solo24Hours).

Pada hari pertama diberikan materi terkait photo story untuk membekali peserta sebelum eksekusi ke lapangan. Di hari kedua hingga keempat para peserta melakukan aktifitas hunting di lapangan , lalu dilanjutkan diskusi dan evaluasi dari hasil pemotretan. Selain itu juga diberikan materi terkait penataan squence foto sebelum di lay outing pada hari keempat. Pada hari terakhir dilakukan simulasi persentasi karya beserta dan persentasi yang sesungguhnya di depan tamu undangan (14/03/18).

Pada kesempatan ini Galih mencoba membuat suatu proyek Photo Sotry yang berjudul ‘Berkarya Tanpa Kata’ di sekitaran daerah Kampung Batik Laweyan. Sedangkan Risky mencoba untuk mengangkat isu tentang Pasar Antik Triwindu yang ada di kota Solo.

 

Penulis: Risky wahyudi

Foto: Boy Harjanto (Dokumentasi Fotina Photo Library)