Kuliah Seru Bareng Ahlinya, ‘Strategi Komunikasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta’ 

Kuliah pakar
Reading Time: 3 minutes

Kuliah di luar kelas menjadi momen yang menarik bagi mahasiswa, apalagi bertemu dengan praktisi yang ahli dalam kajian ilmu yang sedang kita bahas. Semua akan relate antara teori dan praktik. 

Beberapa hari lalu tepatnya pada Rabu, 21 Juni 2023 mata kuliah Perencanaan dan Strategi Komunikasi yang diampu oleh Dr. Herman Felani telah melakukan kuliah pakar di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Mahasiswa berkeliling melihat warisan budaya dan langsung bertanya dengan ahlinya yakni Dr. Ayu Cornellia bersama tim. 

Dr. Ayu Cornellia adalah founder perusahaan PR Cornellia.Co yang bertugas sebagai PR dari Museum Sonobudoyo. Selain itu ia juga mendalami ilmu terkait marketing komunikasi dan trainer yang fokus pada bidang Hospitality. 

Lantas apa hubungannya museum dengan kajian perencanaan dan strategi komunikasi? Simak baik-baik ya Comms, Perencanaan dan Strategi Komunikasi dalam praktik pelaksanaannya melibatkan berbagai tahapan yang meliputi perencanaan, riset, pelaksanaan, implementasi, dan evaluasi.  

Untuk memahami bagaimana komunikasi dilakukan dalam tataran implementasi dan evaluasi, mahasiswa komunikasi perlu mempelajari praktik langsung yang dilakukan oleh tim komunikasi dari suatu organisasi berdasarkan pengalaman di lapangan.  

Kelas yang bertajuk “Kuliah Pakar” ini dimaksudkan untuk mengetahui sistem kerja khususnya tim yang bertugas membuat perencanaan dan strategi komunikasi untuk Museum Sonobudoyo Yogyakarta sebagai salah satu lembaga publik yang memiliki tugas edukasi mengenai pentingnya sejarah budaya bangsa. 

Dr. Herman menyebut jika mahasiswa perlu mengetahui langsung bagaimana peran komunikasi dalam proyek mempromosikan Museum Sonobudoyo yang sempat alami krisis dan kini berangsur membaik dan ramai dikunjungi. 

“Beberapa waktu yang lalu saya mengajak mahasiswa saya untuk mengikuti mata kuliah Perencanaan dan Strategi Komunikasi dan juga mata kuliah PR Media Productions, saya ajak mereka kesana untuk belajar bagaimana sebuah PR Agency atau PR Company dalam hal ini Cornellia and Co melakukan proyek komunikasi untuk mempromosikan proyek Museum Sonobudoyo yang awalnya sepi, mengalami krisis, dengan skandal kehilangan koleksi menjadi tempat ramai yang dikunjungi. Dari sana kita belajar bagaimana komunikasi bisa berperan menyampaikan pesan dan edukasi kepada masyarakat bahwa Museum adalah tempat yang penting kita bisa belajar,” Ujar Dr. Herman Felani Tandjung. 

Jika museum terdengar tidak dekat dengan Generasi Milenial dan Generasi Z, Dr. Cornellia ingin mengubah anggapan itu. Caranya dengan memaksimalkan berbagai strategi salah satunya adalah pengoptimalan media sosial. Mulai dari mengaktifkan Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, hingga Youtube. 

“Ig, Twitter, TikTok, FB, Youtube (Jenis media sosial). Manfaatkan media sosial untuk promosi museum ini dengan konsisten,” Ujarnya di sela-sela kuliah pakar. 

Selain itu, cara penyampaian harus menarik melalui berbagai konten yang tak hanya berkualitas namun memiliki cerita unik yang dikemas dengan bentuk audio visual. 

“Menyampaikan informasi yang baik, benar dan menarik. Menjadi PR harus senang bercerita, story telling, melalui foto dan video,” tambahnya. 

Cara tersebut nyatanya cukup efektif, terbukti dari akun Instagram Museum Sonobudoyo Yogyakarta @sonobudoyo yang sudah diikuti lebih dari 31 ribu pengguna Instagram. Tak hanya itu, teranyar “Pameran Temporer Abhinaya Karya 2023: Kamala Padma” yang sudah berlangsung selama 26 hari mampu mendatangkan  7521 pengunjung. 

Tidak hanya dari segi publikasi, museum juga harus berinovasi menyusuri zaman. Dengan tajuk “Where Culture Meets Technology” merupakan ide unik yang kekinian agar tetap dilirik oleh Milenial dan Gen Z. Pengemasan dengan kalimat “Museum viral di Jogjakarta” tentu menjadi gimmick menarik yang tak boleh dilewatkan. 

Para mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi baik reguler dan International Program diajak berkeliling Museum Sonobudoyo sambil melihat langsung proses perencanaan dan strategi komunikasi yang telah dilakukan oleh Dr. Cornellia bersama tim. Dengan turun dan melihat langsung mahasiswa diharapkan memiliki gambaran yang benar-benar jelas. 

“Saya mengucapkan banyak terimakasih untuk teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi UII khususnya PR dan International Class yang sudah berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Sebetulnya menurut saya ketika kita belajar sejarah langsung ke tempat seperti ini menurut saya akan lebih berkesan dan lebih personal di mana teman-teman lebih menghargai sejarah, budaya dan apa pun yang ada di museum ini semoga bermanfaat, sukses selalu, ditunggu di museum salam sahabat museum, museum di hati,” tandasnya. 

 

Penulis: Meigitaria Sanita