Integrated Marketing Communication

Reading Time: < 1 minute

KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

(SEJARAH DAN PERKEMBANGAN)

Penulis:

Mutia dewi

 

ISBN  978-623-91438-5-5

 

 

Perkembangan teknologi dan internet tidak saja akan mengubah aturan main bisnis atau perusahaan namun juga mengubah cara perusahaan dalam menjual produknya. Internet menawarkan segala hal, bahkan informasi apapun yang ingin diketahui oleh konsumen. Mulai dari berita singkat, analisis yang mendalam, informasi produk baik dalam bentuk gambar, suara, tulisan atau bahkan gabungan dari ketiganya. Tidak hanya itu teknologi internet telah memberi ruang bagi terciptanya interaksi layaknya kita hidup di dunia nyata.

Menyikapi perubahan lingkungan bisnis yang sarat dengan ketidakpastian, menjadikan disiplin ilmu pemasaran harus meresponnya dengan cepat pula. Pemasaran tidak bisa lagi dipandang sebagai aktivitas yang dilakukan mandiri, melainkan sebagai sebuah proses bisnis yang strategis. Tujuannya jelas, agara perusahaan dapat bertahan dan mampu memenangkan kompetisi pasar.

Semenjak lahirnya konsep komunikasi pemasaran dengan menguatkan keterpaduannya, konsep ini terus menjadi perhatian. Tidak saja menjadi praktik dalam dunia bisnis, Komunikasi Pemasaran Terpadu menjadi perhatian bagi kalangan akademisi. Jika melihat kebelakang, Komunikasi Pemasaran Terpadu sendiri telah tumbuh menjadi konsep sejak tahun 1980-an, akan tetapi belum banyak dikenal secara luas. Kalangan profesional dan bisnis masih menjalankan kegiatan pemasaran secara mandiri. Mereka masih memandang bahwa periklanan harus dibedakan dengan public relations maupun sales promotion dan elemen lainnya. Sehingga dalam rangka mengimplementasikannya tidak bisa disejajarkan dan saling berkaitan.

Komunikasi dan Pemasaran menjadi dua konsep penting yang saling melengkapi. Buku ini akan memberikan pengetahuan mengenai sejarah kemunculan komunikasi pemasaran terpadu. Diawali dengan membahas mengenai konsep terpadu dan mengapa harus terpadu. Dan dilanjut pada bab berikutnya mengenai pemikiran dari masing-masing tokoh Komunikasi Pemasaran Terpadu. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.