Reading Time: < 1 minute

Penulis:

Puji Hariyanti, Ghassani Nur Sabrina, Indriani Adinda Lestari, Nora Fajriyanti

 

KOMUNIKASI DAKWAH MILENIAL

ISBN 978-623-91438-6-2

Penerbit: Komunikasi UII

@2019

Dakwah dengan media sosial memungkinkan pengguna untuk
melakukan penyebaran (share) konten dakwah dengan cepat, dalam waktu
singkat, kepada banyak pengguna lain. Karena karakteristik media sosial
adalah khalayaknya yang aktif menyebarkan konten sekaligus
mengembangkannya dengan memberikan komentar baik berupa opini,
data, maupun fakta baru.

Dakwah yang melibatkan banyak orang sebagai produsen konten-konten
dakwah sekaligus menjadi konsumen dan menyebarkannya
memunculkan fenomena dakwah baru yaitu dakwah partisipatif sebagai
bagian dari budaya partisipatif yang muncul dari interaksi di media sosial.
Dalam komunikasi dakwah partisipatif seorang pengguna bisa berperan
sebagai komunikator dan komunikan dakwah, yang saling bertukar pesan
berisi informasi seputar ajaran Islam dan kegiatan dakwah di berbagai
daerah di Indonesia.

Seiring pesatnya perkembangan media sosial, banyak bermunculan
komunitas dakwah online. Komunitas-komunitas ini diinisiasi oleh generasi
muda muslim yang peduli dengan dakwah di masyarakat. Mereka
memanfaatkan jejaring persahabatan online untuk perekrutan, koordinasi
dan komunikasi anggota komunitas.