Reading Time: < 1 minute

Komunikasi Pemberdayaan

Penulis:

Mutia Dewi

ISBN  978-623-91438-4-8

Penerbit Komunikasi UII

Program Studi Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Indonesia

====================

Isu mengenai pengembangan dan pemberdayaan masyarakat semakin menguat seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengambil peran lebih pada setiap aspek pembangunan. Sebagai upaya pembangunan alternatif, pemberdayaan masyarakat atau pembangunan berbasis komunitas menjadi bagian dari strategi untuk mengembangkan, merekonstruksi serta memperbaiki struktur masyarakat agar lebih berdaya. Oleh sebab itu, pembangunan berbasis manusia menjadi alternatif pembangunan dalam rangka meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat.

Oleh karena itu, pembangunan berbasis manusia atau dikenal dengan pembangunan berbasis masyarakat menjadi konsep baru yang tak terelakkan lagi. Meski konsep ini sesungguhnya bukanlah sesuatu yang baru karena telah dimunculkan oleh Korten pada tahun 1984, namun kekuatan konsep ini mulai diterapkan di penghujung tahun 1990-an.

Persoalan berikutnya adalah, bagaimana menjalankan pembangunan berbasis pada masyarakat tersebut? Mengutip pernyataan Aubrey Fisher, tidak ada persoalan dari waktu ke waktu yang tidak melibatkan aspek komunikasi, termasuk keberhasilan program pemberdayaan masyarakat. Komunikasi menjadi aspek sentral dalam setiap aspek kehidupan manusia. Dalam perkembangan dan fleksibilitasnya komunikasi menjadi bagian yang terpenting dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. oleh karena itu buku ini hadir untuk mencoba memberikan konsep mengenai komunikasi pemberdayaan dan alternative-alternatif model-model komunikasi pemberdayaannya.