Yogyakarta- Sebagai relawan bencana, banyak cara yang bisa dilakukan dalam memberikan bantuan terhadap korban. Tidak hanya memberikan bantuan sumbangan dalam nominal uang atau pun barang, pertolongan juga bisa dilakukan berupa jasa keahlian yang dimiliki. Begitu pula halnya dengan mereka yang menekuni dunia ilmu komunikasi tentun juga memiliki caranya sendiri. Lebih tepatnya bantuan dalam bentuk implementasi dari keahliannya di dunia komunikasi yang manfaat.

Film ‘Pertolongan’ merupakan  salah satu bentuk dari kontribusi tersebut yang pernah diproduksi pada tahun 2010 silam pasca terjadinya erupsi gunung Merapi di Yogyakarta. Karya ini merupakan salah satu bentuk inisiatif yang dilakukan oleh relawan Jalin Merapi yang terdiri dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII, Dosen Ilmu Komunikasi UII, Dosen Ilmu Komunikasi UMY, dan beberapa relawan lainnya yang tergabung di dalamnya.  Film dokumenter ini merekam aktivitas beberapa kelompok relawan dalam memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Merapi dengan cara nya masing-masing.

Marjito Iskandar Gunawan selaku kru yang terlibat produksi dalam film tersebut mengungkapkan bahwa ketika erupsi Merapi 2010 tahun silam, Prodi Ilmu Komunikasi UII mencoba menjadi relawan dengan cara yang berbeda, tepatnya menggunakan pendekatan dunia komunikasi ketika menjadi narasumber dalam diskusi pemutaran film yang merupakan rangkaian kegiatan dari Charity Night Humountainity (16/10/17).  Ia juga menjelaskan bahwa pada waktu itu mahasiswa dan dosen memberikan bantuan di bidang keahliannya masing-masing. “Bagi mereka yang memiliki keahlian jurnalistik akan mensupport informasi berita untuk RRI, Ada juga yang membantu dalam project foto dokumenter, pembuatan buku, dan juga beberapa kegiatan lainnya,” Ujar Gunawan.

“Sedangkan untuk Film ‘Pertolongan’  kita memberikan kamera kepada mahasiswa dan membebaskan mereka untuk mengexplore keahliannya dalam merekam gambar,” ujar laboran Komunikasi UII yang kerab dipanggil mas Gun oleh mahasiswa  Komunikasi UII tersebut.

Charity Night Humountainity merupakan kegiatan inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia dengan menggandeng HIMAKOM Komunikasi UII, Merawat Jogja dan Selasa(r) Literasi. Kegiatan bertajuk Gift with Great Amount of Love, from Mountaint to mountaint, to Agung from Merapi ini di gelar di Fine Coffe, Jalan Kaliurang km 12,5 , Sardonoharjo, Sleman. Kegiatan ini merupakan kegiatan amal bentuk kepedulian yang dikemas  dengan menampilkan puisi, monolog, screening dan musik akustik.

 

Penulis: Risky Wahyudi