Communication Field Trip (CFT) Tahun ke 12 kini menuju Jakarta lagi. CFT adalah kegiatan rutin HIMAKOM tiap tahun yang diikuti oleh mahasiswa komunikasi UII untuk mempelajari dunia industri dari dekat. Kegiatan ini dilaksanakan pada 7-8 November 2019. Kunjungan kali ini menimba banyak ragam pembelajaran dari beragam industri media dan komunikasi.

Pertama, Peserta mengunjungi kantor KOMPAS TV. Di sana, dengan didampingi Ratna Permata Sari, Dosen Komunikasi UII, dan Annisa Putri Jiany, Staf International Program (IP) Komunikasi UII, mereka bertemu juga dengan alumni Komunikasi UII yang kini berkiprah di sana. Kedua, para peserta CFT kali ini berkunjung ke tempat yang tidak biasa dilakukan pada agenda CFT tahun-tahun yang lalu. Misalnya, kunjungan ke Kementrian Pariwisata, dan kunjungan ke Remotivi, sebuah lembaga pusat kajian media dan komunikasi.

Remotivi ( @remotivi.or.id ) adalah salah satu organisasi non pemerintah (NGO/ Non Goverment Organization) yang sangat fokus dan termasuk gencar melakukan kajian media, pemantauan media (media watch) di Indonesia. Mahasiswa komunikasi UII jadi paham dunia aktivisme juga penting sebagai kontrol terhadap berjalannya demokratisasi media di Indonesia seperti yang dilakukan Remotivi. Meski sudah hampir tiap tahun berkunjung ke NET TV, tetapi kali ini tujuannya berbeda: Ini Talkshow. Banyak pengalaman yang didapat, misalnya peserta belajar bagaimana pola kerja yang dinamis di industri swasta seperti Kompas TV dan NET TV. Lalu juga belajar komunikasi strategis di lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam melakukan kampanye dan advokasi sosial.

Fikri Alkausar, Sekjend Himakom UII, mengatakan memang baru pertama di CFT tahun ini ada kunjungan ke NGO dan Kementerian Pariwisata. “Tujuannya biar seimbang saja, antara industri dan aktivisme sosial. Kalau dulu sering ke industri terus, saat ini ada ke NGO supaya peserta juga paham soal dan problem sosial dan aktivisme sosial.”

Selain bertandang ke beberapa wadah praktisi berkegiatan, yang beda pada kesempatan kali ini adalah para peserta juga mengagendakan melakukan pertemuan temu alumni yang tergabung dalam Relasi UII, sebuah wadah alumni komunikasi UII. Relasi UII adalah kependekan dari Ruang Interaksi Alumni Komunikasi Universitas Islam Indonesia. Selain belajar dari praktisi sosial dan swasta, mereka juga tetap menjaga jejaring dengan alumni almamater.