Hubungi Kami
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia
Telephone: +62-274-898444 ext. 3267
Faks: +62 274 898444 ext. 2106
Email: [email protected]
Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2022
Bertandang ke Demak, Prodi Ilmu Komunikasi Lakukan Penguatan Kerja Sama dengan Komunitas Puspita Bahari
Reading Time: 2 minutesDua tahun terakhir Prodi Ilmu Komunikasi UII telah melakukan berbagai pendampingan dan kerja sama dengan nelayan perempuan Morodemak dan Timbulsloko, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Banjir rob telah mengepung wilayah tersebut, akibatnya berbagai masalah terjadi baik dari aspek ekonomi dan sosial. Bermula dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dua dosen Prodi Ilmu Komunikasi UII yakni Puji […]
Screening dan Diskusi Film ‘Sweat Dripping in the Ripples of the River’, Perempuan Merajut Gerakan Menghadapi Krisis Iklim
Reading Time: 2 minutesKrisis iklim sudah selayaknya mendapat perhatian serius dari masyarakat dan negara. Tak hanya berdampak pada lingkungan, nyatanya krisis iklim memiliki pengaruh besar terhadap perempuan. Masalah ini digagas secara serius pada momen festival bertajuk ‘Perempuan Merajut Gerakan Krisis Iklim’ di Panggung Kesenian Tembiring, Demak Jawa Tengah pada 25 September 2024. Memasuki area festival, pengunjung akan disambut […]
‘Very Demure, Very Mindful’ Bentuk Sindiran di Media Sosial, Benarkah?
Reading Time: 2 minutesPengguna aktif TikTok dan Instagram satu bulan ke belakang pasti beberapa kali terpapar dengan istilah very demure dan very mindful yang kerap diungkapkan beberapa influencer. Sontak istilah ini juga menjadi tren bagi masyarakat digital lainnya. Lantas mengapa very demure dan very mindful bisa muncul, dan apa artinya? Dari berbagai sumber yang telah beredar, ungkapan very […]
Deretan Workshop ‘Unik’ pada CCCMS 2024
Reading Time: 3 minutesRangkaian agenda pada 7th Conference on Communication and Media Studies (CCCMS) menghadirkan beberapa workshop unik sebelum forum akademik itu berlangsung. Konferensi internasional yang diinisiasi oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII menyuguhkan beberapa workshop gratis untuk para presenter. Menariknya workshop-workshop itu tak melulu berbau akademik yang memusingkan, melainkan kegiatan unik yang memicu ide-ide baru. Ada empat workshop […]
Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UII Lakukan Literasi Terkait Keamanan Identitas Anak dalam Dunia Digital
Reading Time: 2 minutesData yang dirilis We Are Social menunjukkan jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 139 juta identitas per Januari 2024. Akses media sosial dan internet paling dominan melalui smartphone, sementara 36,99 persen pemiliknya adalah anak-anak berusia kurang dari 15 tahun (Data BPS 2023). Lantas dengan usia anak-anak menuju remaja, apakah mereka sudah memahami pentingnya perlindungan […]
CCCMS 2024: Nico Carpentier, Hubungan Media dengan Demokrasi hingga ‘Political Struggle’
Reading Time: 3 minutesNico Carpentier merupakan Extraordinary Professor dari Charles University yang ditunjuk menjadi keynote speaker dalam perhelatan The 7th Conference on Communication, Culture and Media Studies (CCCMS) 2024 dalam tema Hybrid pada 28 Agustus 2024 di Auditorium FPSB UII. Pada kesempatan itu Nico menjelaskan bagaimana hubungan media dengan demokrasi yang menjadi perjuangan politik atau political strunggle. Materi […]
CCCMS 2024: Communicating Space and Place in Cultural Hybridity
Reading Time: 2 minutesPanel bertajuk Communicating Space and Place in Cultural Hybridity pada 7th CCCMS 2024 yang dipandu oleh Holy Rafika Dhona, salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi UII, pada 28 Agustus 2024 menggali lebih dalam terkait bagaimana mengkomunikasikan ruang dalam budaya hybrid. Salah satu paper menarik milik Natalia Grincheva dari LASALLE, University of Arts Singapore dengan judul […]
CCCMS 2024: Budaya Pop dalam Media ‘Fandom KPop dan Film’
Reading Time: < 1 minuteBudaya pop selalu memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Pada satu sisi masyarakat terpengaruh dengan berbagai produk budaya pop di sisi lain, budaya pop juga memengaruhi kehidupan masyarakat. Hal tersebut membuat budaya pop menjadi satu topik yang menarik untuk didiskusikan secara akademik. Inilah yang menjadi spirit dalam salah satu diskusi panel dalam 7th CCCMS 2024 […]
CCCMS 2024: Rektor UII Sampaikan ‘Human are not Totally Independent’ Dalam Konteks Hybrid
Reading Time: 3 minutesRektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid secara resmi membuka gelaran Conference on Communication, Culture, and media Studies (CCCMS) 2024 pada 28 Agustus 2024 di Ruang Auditorium Lantai 3 Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Dalam pembukaan tersebut, Fathul Wahid menyampaikan argumennya terkait tema Hybrid yang diusung oleh Prodi Ilmu Komunikasi pada sesi 7th CCCMS […]
CCCMS 2024: Enviromental Communication Workshop, Penggalian Ide Soal Isu Lingkungan Global
Reading Time: 2 minutesEnviromental Communication Workshop menjadi salah satu agenda sebelum perhelatan Conference on Communication, Culture and Media Studies (CCCMS) 2024 yang digelar oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII pada 27 Agustus 2024. Workshop ini menjadi salah satu inovasi pada 7th CCCMS 2024, pasalnya selain penggalian ide dari peserta, diskusi ini akan berakhir pada rencana proyek jangka panjang yang […]