BERITA PILIHAN

JURNAL KOMUNIKASI Volume 1, Nomor1, Oktober 2006 ISSN 1970-848X   Cultural Capital Apparatus: Relasi Kuasa Bisnis dan Media dalam Globalisasi   Oleh  Muzayin Nazaruddin     Abstract             In front of global capitalism, the state is no longer be a main power. The sources and power relations upon the society are getting more complicated. […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor 2, April 2009 ISSN 1970-848X   Corporate Social Responsibility (CSR): the Communication Challenge Oleh: Dyah Pitaloka, SH., MA Abstract Corporate Social Responsibility has now face a new challenge. Skepticism and untruthful reaction from public and stakeholders rise as a form of response toward the practice of Corporate Social Responsibility.  Latest […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor2, April 2009 ISSN 1970-848X   Communicating Corporate Social Responsibility Responsibly   Oleh: Nia Sarinastiti   Abstract Menjalankan dan mengkomunikasikan mengenai upaya perusahaan dalam menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) sangat beragam.  Namun seringkali komunikasi lebih mengutamakan pada pandangan perusahaan bukan mengutamakan pada pandangan stakeholder, atau partisipasi mereka […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Ideologi Islam dalam Kebijakan Redaksional Harian Umum Republika: Analisis Wacana Kritis tentang Pemberitaan Konflik PKB dan Film Fitna   Oleh: M. Exsa Firmansyah  Abstract: This research focus on Islamic ideology in the redactional policy, that was one of the internal factor when creating a Republika […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Konglomerasi Media dan Konstruksi Praksis Demokrasi Pasca Rezim Orde Baru: Sebuah Refleksi Awal Oleh Nyarwi   Abstract                 After the post New Order Regime Soeharto, the Indonesian mass media industries have been developing their self as media conglomeration model. Some group of media industries manufactured […]

Prodi Ilmu Komunikasi UII bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Yogyakarta, menyelenggarakan seminar di Ruang Sidang MSI UII Demangan Yogyakarta, pada Hari Kamis, 8 Oktober 2009, pukul 16.00 – 17.30 WIB. Seminar publik ini mengkritisi berita gempa di televisi yang terjadi di Daerah Sumatera Barat. Hadir sebagai pembicara yaitu Hendry Subiyakto. MA (Staf Ahli Menteri […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Analisis Konglomerasi Industri Pers Daerah di Indonesia: Pendekatan S-C-P Oleh Iwan Awaluddin Yusuf Abstract                 The Structure, Conduct, and Performance or known as S-C-P usually used to observe the structure and competitions in industry, including mass media. Mass media structure, with its centralistic-concentrated ownership as […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Negotiating Mass Media Interest and Heterogeneous Muslim Audience  in the Contemporary Social-Political Environment of Indonesia Oleh Ishadi S.K Abstract                 Sejarah industri radio dan televisi Indonesia dapat dibagi dalam tiga era kekuasaan otoritatif. (1) Era Monopoli Pemerintah 1962-1990. (2). Era Quasimonopolitik: pemerintah memberi izin lima […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Industri Perfilman Bollywood: Evolusi Hiburan di Tengah Kemiskinan   Abstract                 The victory of Slumdog Millionare by winning 8 out of 10 nominations in Oscar 2009 is not only a recognition to Anil Kapoor, Dev Patel and Frieda Pinto’s wonderful acting but also a proof […]

    JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Analisis Framing Berita Meninggalnya Mantan Presiden Soeharto di Majalah Tempo Dan Gatra Oleh: Nur Indah Yogadiastuti – Muzayin Nazaruddin   Abstract                 News about sick until death of the former President Soeharto, covered by various media printed adn also electronic. It becomes main […]