Hubungi Kami
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia
Telephone: +62-274-898444 ext. 3267
Faks: +62 274 898444 ext. 2106
Email: [email protected]
Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2022
Mahasiswa Komunikasi UII mengadakan MAKASI ’09 (Malam Komunikasi) di Sinolewah Sleman
Reading Time: < 1 minute Penampilan dari masing-masing kelompok dan penyalaan api unggun merupakan acara puncak kegiatan "Makasi 2009" atau yang lebih sering disebut MAKASI (Malam Keakraban Komunikasi) yang diadakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII. Acara yang bertema "Kampoeng Komunikasi" ini, berlangsung dari tanggal 30 Oktober – 1 November 2009 di Bumi Perkemahan Sinolewah, Cangkringan, Sleman. Acara ini […]
Cultural Capital Apparatus: Relasi Kuasa Bisnis dan Media dalam Globalisasi
Reading Time: 2 minutesJURNAL KOMUNIKASI Volume 1, Nomor1, Oktober 2006 ISSN 1970-848X Cultural Capital Apparatus: Relasi Kuasa Bisnis dan Media dalam Globalisasi Oleh Muzayin Nazaruddin Abstract In front of global capitalism, the state is no longer be a main power. The sources and power relations upon the society are getting more complicated. […]
Corporate Social Responsibility (CSR): the Communication Challenge
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor 2, April 2009 ISSN 1970-848X Corporate Social Responsibility (CSR): the Communication Challenge Oleh: Dyah Pitaloka, SH., MA Abstract Corporate Social Responsibility has now face a new challenge. Skepticism and untruthful reaction from public and stakeholders rise as a form of response toward the practice of Corporate Social Responsibility. Latest […]
Communicating Corporate Social Responsibility Responsibly
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor2, April 2009 ISSN 1970-848X Communicating Corporate Social Responsibility Responsibly Oleh: Nia Sarinastiti Abstract Menjalankan dan mengkomunikasikan mengenai upaya perusahaan dalam menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) sangat beragam. Namun seringkali komunikasi lebih mengutamakan pada pandangan perusahaan bukan mengutamakan pada pandangan stakeholder, atau partisipasi mereka […]
Ideologi Islam dalam Kebijakan Redaksional Harian Umum Republika
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X Ideologi Islam dalam Kebijakan Redaksional Harian Umum Republika: Analisis Wacana Kritis tentang Pemberitaan Konflik PKB dan Film Fitna Oleh: M. Exsa Firmansyah Abstract: This research focus on Islamic ideology in the redactional policy, that was one of the internal factor when creating a Republika […]
Konglomerasi Media dan Kontruksi Praksis Demokrasi Pasca Rezim Orde Baru : Sebuah Refleksi Awal
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X Konglomerasi Media dan Konstruksi Praksis Demokrasi Pasca Rezim Orde Baru: Sebuah Refleksi Awal Oleh Nyarwi Abstract After the post New Order Regime Soeharto, the Indonesian mass media industries have been developing their self as media conglomeration model. Some group of media industries manufactured […]
Seminar Publik “Mengkritisi Berita Gempa di Televisi (Kasus Gempa Sumbar)
Reading Time: < 1 minuteProdi Ilmu Komunikasi UII bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Yogyakarta, menyelenggarakan seminar di Ruang Sidang MSI UII Demangan Yogyakarta, pada Hari Kamis, 8 Oktober 2009, pukul 16.00 – 17.30 WIB. Seminar publik ini mengkritisi berita gempa di televisi yang terjadi di Daerah Sumatera Barat. Hadir sebagai pembicara yaitu Hendry Subiyakto. MA (Staf Ahli Menteri […]
Analisi Konglomerasi Industri Pers Daerah di Indonesia: Pendekatan S-C-P
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X Analisis Konglomerasi Industri Pers Daerah di Indonesia: Pendekatan S-C-P Oleh Iwan Awaluddin Yusuf Abstract The Structure, Conduct, and Performance or known as S-C-P usually used to observe the structure and competitions in industry, including mass media. Mass media structure, with its centralistic-concentrated ownership as […]
Negotiating Mass Media Interest and Heterogeneous Muslim Audience
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X Negotiating Mass Media Interest and Heterogeneous Muslim Audience in the Contemporary Social-Political Environment of Indonesia Oleh Ishadi S.K Abstract Sejarah industri radio dan televisi Indonesia dapat dibagi dalam tiga era kekuasaan otoritatif. (1) Era Monopoli Pemerintah 1962-1990. (2). Era Quasimonopolitik: pemerintah memberi izin lima […]
Industri Perfilman Bollywood
Reading Time: < 1 minuteJURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X Industri Perfilman Bollywood: Evolusi Hiburan di Tengah Kemiskinan Abstract The victory of Slumdog Millionare by winning 8 out of 10 nominations in Oscar 2009 is not only a recognition to Anil Kapoor, Dev Patel and Frieda Pinto’s wonderful acting but also a proof […]