Sejarah Singkat

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII adalah salah satu fakultas yang berkembang pesat di lingkungan Universitas Islam Indonesia. Fakultas ini merupakan integrasi dan sinergi dari Program Studi Psikologi (berdiri sejak 1995/1996), Program Studi Ilmu Komunikasi (berdiri sejak 2004/2005), Program Diploma 3 Bahasa Inggris (berdiri sejak 2004/2005), dan Program Magister Psikologi (berdiri sejak 2005/2006). Sampai dengan tahun akademik 2008/2009, tercatat tidak kurang dari 1850 orang mahasiswa aktif, 40 orang tenaga edukatif tetap, dan 31 orang tenaga administratif.

Program Studi Ilmu Komunikasi UII merupakan program studi ke-21 di UII yang didirikan dan dibuka pada Tahun Akademik 2004/2005 melalui Surat Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2113/D/T/2004. Kehadiran Prodi Ilmu Komunikasi disambut oleh peminat bidang komunikasi dengan penuh antusias. Ini dibuktikan oleh banyaknya anmo pendaftar yang senantiasa meningkat dengan rasio penerimaan 1:9. Banyaknya peminat mengharuskan Prodi Ilmu Komunikasi mengadakan seleksi ketat untuk dapat menjaring calon mahasiswa yang berkualitas. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasioanal RI No : 2113/D/T/2004 tanggal 18 Juni 2004 Prodi Ilmu Komunikasi membuka 3 konsentrasi studi yaitu :

  1. Konsentrasi Manajemen Media
  2. Konsentrasi Jurnalistik
  3. Konsentrasi Public Relation

 
Dengan mempertimbangkan banyaknya permintaan dari mahasiswa dan industri komunikasi (user),prodi Ilmu Komunikasi UII mulai membuka Konsentrasi Broadcasting pada tahun ajaran ketiga (2006/2007) untuk mahasiswa angkatan 2006 dan seterusnya Didukung oleh tenaga-tenaga pengajar lulusan dalam dan luar negeri, Program Studi Ilmu Komunikasi mempersembahkan Manajemen Media sebagai konsentrasi unggulan, pertama dan satu-satunya  di Indonesia. Konsentrasi ini mencoba mengintegrasikan kemampuan jurnalistik, kemampuan public relation, kemampuan broadcasting, serta kemampuan manajerial di bidang media massa.

Komitmen pada keunggulan ditegaskan dalam Visi Program studi Ilmu Komunikasi sebagai institusi yang unggul dalam mencetak SDM komunikasi yang kriitis, kreatif, bermoral, profesional, mandiri dan berstandar Internasiona. Dengan Visi tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi bertekad menghasilkan sarjana strata satu (S1) dibidang komunikasi dengan komitmen pada nilai-nilai Islam serta mempunyai kompetensi dalam hal : (1) "Manajerial Skill", Kemampuan mendirikan dan mengelola media komersial ataupun publik secara profesional; (2) "research skill", kemampuan meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan komunikasi; serta (3) "profesional skill", kemampuan mengemban  profesi sebagai insan komunikasi di berbagai media, baik di tingkat regioanal, nasional, maupun internasional.

Sebagai sarana penunjang, Program Studi Ilmu Komunikasi telah memiliki sebuah Perpustakaan Khusus Ilmu Komunikasi serta empat unit laboratorium : Lab. Audio Visual dan Mini Theater, Lab. Radio siaran, Lab. Pers, dan Lab. Fotografi. Selain itu, sebagai wadah kreatifitas dan produktifitas mahasiswa, telah didirikan unit-unit kegiatan mahasiswa : Klub Galaxy Radio, Klub Fotografi Klik 18, Klub Sinematografi Kompor.Com, Klub public Relation, serta Klub Diskusi dan Penelitian.