,

Mahasiswa Komunikasi Indonesia Hadiri Global Harmony Arab Saudi sebagai Influencer Dakwah dan Hiburan

Mahasiswa Komunikasi Indonesia Hadiri Global Harmony Arab Saudi sebagai Influencer Dakwah dan Hiburan

Pengalaman meliput event internasional dirasakan oleh Harry Setya, mahasiswa Ilmu Komunikasi UII angkatan 2022. Ia diundang oleh Ministry of Media Arab Saudi untuk turut mempromosikan event bertajuk Global Harmony pada November hingga Oktober 2024 silam di Al Suwaidi Park, Riyadh.

Global Harmony adalah bagian dari visi 2030 yakni meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat hingga terwujudnya negara Arab sebagai kota wisata. Sementara negara Indonesia turut diundang untuk menampilkan berbagai parade dan kesenian di sana.

“Sebagai diperingatkan sebagai langkah untuk visi 2030 negara arab sebagai kota wisata, krmudian mencetuskan program namanya Global Harmony salah satunya negara Indonesia,” ujar Harry.

Peran Harry pada event tersebut adalah mempromosikan Global Harmony sebagai ajang kesuksesan Arab Saudi menjadi pusat wisata. Tak sendiri, Harry datang bersama 9 influencer lainnya serta media-media nasional seperti CNN, Kompas, Antara, dan lainnya.

Kesempatan tersebut ia dapatkan lewat jejaring yang dibangunnya, beberapa tahun terakhir Harry telah menggeluti pekerjaan sebagai influencer dakwah dan entertainment.

“Saya mendaftar, namun itu tidak dibuka secara masif saya ada networking,” tambahnya.

Selama tujuh hari di Arab Saudi, empat hari dialokasikan Harry untuk fokus meliput rangkaian program Global Harmony.

“Saya meliput sebagai influencer untuk mempromosikan negara Arab sebagai kota wisata,” ujarnya lagi.

Ia bertanggung jawab untuk menyusun content planning dan mewujudkannya dalam bentuk video reels di Instagram. Pengalaman ini menjadi bentuk kerja professional bagi seorang influencer. Ada target yang harus dicapai.

Beruntungnya Harry telah mendapat berbagai materi di kelas. Sebagai mahasiswa ilmu Komunikasi dengan peminatan Public Relations, baginya sudah familiar dengan konsep-konsep IMC (Integrated Marketing Communication).

“Ilmu yang dapet dari kampus, mata kuliah IMC, jelasin bagaimana caranya konten itu viral, dan apa yang harus dilakukan ketika punya sebuah syarat cara promosinya itu seperti apa. Marketing panel itu di awareness, cara biar konten viral adalah menjual cerita yaitu story telling,” ucapnya.

Baginya ini merupakan liputan internasional perdana, “pertama kali ikut meliput acara internasional, ekspektasinya disana diberi tanggung jawab kesannya bukan cuma main-main tapi ada pressure harus ini harus itu dengan kegiatan yang banyak banget. Senang karena Riyadh sangat maju dan banyak hal yang bisa dieksplor,” tandasnya.

Beberapa negara turut memeriahkan Global harmony, selain Indonesia negara-negara lain yang hadir antara lain Pakistan, Filipina, Bangladesh, India, Suriah, Lebanon, Sudan, Mesir, dan yordania.

Indonesia memiliki daya tarik yang unik, beberapa budaya dan seni ditampilkan, mulai dari tarian berbagai daerah serta parade pakaian adat Bali, Papua, Sumatera Barat, hingga Betawi. Beberapa makanan Indonesia yang bisa dicicipi pada even internasional yakni nasi padang, sate, baso aci, siomay, hingga nasi goreng.