Ask the Expert: Memilih Film yang Tepat Sesuai Usia Anak
Memilih film untuk anak wajib hukumnya untuk mempertimbangakan berbagai aspek. Cara mudahnya adalah dengan mamatuhi ketentuan usia yang tertera. Namun, tak sesederhana itu banyak hal mesti orang tua dan pendamping anak pahami.
Akhir-akhir ini sedang Virang film animasi karya anak bangsa, Jumbo kini telah ditonton lebih dari 9,8 juta kali. Nampaknya akan terus bertambah. Dalam artikel ini tidak akan mengkristisi cerita tentang apa di dalam film Jumbo sendiri, melainkan saling belajar soal literasi.
Jumbo menjadi primadona, di tengah kehausan tontonan edukatif film garapan Ryan Adriandy menjadi pelepas dahaga yang menyejukkan. Bahkan soundtracknya Selalu Ada di Nadi menjadi favorit anak-anak di sekolah.
Bersama-sama belajar literasi, apa sebaiknya yang harus dilakukan oleh orang tua, guru, pendamping, hingga pembuat film? Dalam artikel Ask the Expert edisi ketiga, dosen Ilmu Komunikasi UII, Fatma Nurainai Zahra, S.Sos., M.A. yang mendalami kajian media menyampaikan beberapa hal yang penting dalam memilih tontonan untuk anak.
Memilih Tontonan (Film) untuk Anak
- Apa pentingnya belajar memilih tontonan yang baik untuk anak-anak?
Anak-anak meniru apapun di sekelilingnya, kita saja ketika melakukan sesuatu anak-anak langsung mengikuti. Jadi kalau mereka melihat film sebagai tontonan itu akan menjadi tuntunan bagi mereka. Sehingga kita sebagai orang di sekelilingnya, sebagai orang tua, guru, dan lainnya punya peran penting membersamai mereka dalam memilih mana tontonan yang bisa menjadi tuntunan untuk mereka.
- Apakah anak hanya penonton pasif, atau mereka bisa berpikir kritis juga?
Pada dasarnya memang anak cenderung lebih pasif karena mereka akan mengikuti tanpa kemudian mempunyai kesadaran akan hal yang dia ikuti itu baik atau tidak, sesuai dengan nilai-nilai atau tidak, belum memiliki nalar yang sempurna (kritis) sehingga pendampingan dari orang tua sangat penting untuk bisa menumbuhkan nalar itu. Misalnya menemani mereka, mengajak diskusi ketika mereka mengkonsumsi sebuah film sehingga mereka bisa belajar dan menikmati secara pasif apa yang meraka tonton.
- Apa yang harus jadi pertimbangan saat membuat film untuk anak?
Film bagi anak tidak hanya sebagai media hiburan saja, tapi lagi-lagi menjadi media pembelajaran. Bisa mengembangkan kreativitas anak-anak, media belajar literasi, pengembangan nalar kritis, mengembangkan berbagai kemampuan diri mereka maka itu tentu harus dieseuaikan dengan fase perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Film bisa mengandung beberapa hal seperti nilai-nilai edukasi, nilai-nilai kebudayaan yang sesuai dengan mereka. Sehingga film bisa membersamai mereka dalam memahami dunia di sekitarnya.
- Apakah tontonan bisa menjadi alat belajar komunikasi untuk anak?
Bisa banget, apalagi anak-anak cenderung membayangkan yang di sekitarnya, lebih imajinatif, lebih kreatif sehingga ketika menerima pesan-pesan dari film apalagi anak yang sudah bisa menerima alur cerita panjang empat tahun ke atas itu sudah bisa memahami alur cerita panjang, sehingga ketika disampaikan lewat film pesan-pesan dan nilai yang ada di film bisa ditangkap oleh anak. Tetapi harus ada catatan ada diskusi yang dilakukan oleh anak dan orang tua, sehingga kita bisa memastikan apa yang dipahami oleh anak, apa yang diterima oleh anak dari film yang dikonsumsi. Sehingga tercipta pembelajaran yang baik, pembelajaran yang menyenangkan karena menonton film adalah sebuah memori yang menyenangkan yang akan disimpan oleh anak.