Mulai Rabu, 31 Juli 2019 hingga sembilan hari ke depan, International Program (IP) Prodi Ilmu Komunikasi memberangkatkan 13 Mahasiswa, dosen, dan staf untuk melakukan lawatan disertai proyek Travel Writing di lokasi-lokasi penting di Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Proyek Travel Writing ini adalah bagian dari program rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Program lawatan negara-negara Asean, yang sering dikenal Passage To Asean (P2A), ini adalah kali kedua yang dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FPSB UII sejak 2018. Kegiatan ini juga akan dilengkapi dengan study banding ke tiga kampus di Asia Tenggara: University of Economics and Law (Vietnam), Svay Rieng University (SRU) Cambodia, Thammasat University (Thailand).

Mahasiswa-mahasiswa IP Prodi Komunikasi UII akan menjalani perjalanan ke beberapa lokasi dan mengasah kejelian dan kepekaan mereka menangkap realitas sosial di sana. Menurut Ida Nuraini Dewi K. N, Sekretaris Program Studi, International Program (IP) Prodi Ilmu Komunikasi UII, selain menangkap realitas sosial, mahasiswa komunikasi diharapkan juga bisa menelisik, menganalisis, membandingkan, dan merekam sejarah, keragaman budaya, religiusitas, dan aspek sosial lain yang nampak di balik lokasi-lokasi yang dikunjungi. Ida menambahkan, “yang paling penting, mahasiswa partisipan P2A Prodi Komunikasi UII akan belajar tentang character building, terutama soal problem solving, decision making, dan teamwork.”

Mahasiswa IP di sana akan didampingi oleh Herman Felani Tanjung, MA, Dosen Komunikasi UII spesialis Kajian Film dan Budaya, dan Yudi Winarto dan Marjito Iskandar T. G. sebagai pendamping profesional dari Laboratorium Fotografi dan Audio Visual Komunikasi UII. Mereka juga akan melakukan kunjungan perbandingan di kampus-kampus tersebut di atas. Harapannya, mahasiswa IP Komunikasi UII selain menerapkan ilmunya selama ini di kelas akan ada perspektif baru yang muncul dari perjalanan-perjalanan yang dilakukan ini.

P2A pada prinsipnya memiliki semangat memberikan peluang dan kesempatan mahasiswa, dosen, dan staf Prodi Ilmu Komunikasi UII melakukan studi dan dan perbandingan global dan internasional. Proses-proses yang dilalui di P2A ini memungkinkan munculnya perspektif baru yang berwawasan masa depan. Tidak hanya itu, sivitas akademika Ilmu Komunikasi UII pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya seperti skill analisis sosial, jurnalisme, reportase, penulisan, fotografi, dan brainstorming ide-ide kreatif dalam satu paket karya.

Tahun sebelumnya, Tim P2A Prodi Ilmu Komunikasi UII mengemas P2A dengan konsep Workshop dan Kompetisi Fotografi berjudul “P2A 2018 – Workshop and Photography Competition: Humanature”, ke pelbagai destinasi di Indonesia Malaysia, dan Thailand. Mahasiswa tiga kampus di tiga negara itu berkolaborasi, berkompetisi, dan mengasah keterampilan fotografi di lokasi-lokasi wisata itu. Mereka juga menangkap hal-hal ikonik, unik, dan menarik menjadi sebuah karya foto yang estetik dan bermakna. Pada akhirnya, P2A saat itu memberikan penghargaan pada mahasiswa-mahasiswa yang punya karya foto terbaik atas kerjasama Nikon Malaysia, P2A, UII, dan Universiti Utara Malaysia (UUM).

 

Foto: Annisa Putri Jiany