• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Perbaiki Kurikulum, Prodi Ilmu Komunikasi Undang Alumi

UII Yogyakarta-- Dalam dunia kerja saat ini, pasca Indonesia masuk menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), tenaga kerja Indonesia dituntut untuk memiliki kualifikasi regional dengan memiliki ketrampilan khusus yang dilengkapi dngan pengetahuan atau kemampuan dibudangnya (skilled labor).

 Tenaga kerja yang bersertifikasi keahlian menjadi syarat tenaga kerja di seluruh anggota MEA. Untuk memenuhi itu, pendidikan tinggi di di Indonesia mau tak mau harus menyesuaikan kurikulumnya dengan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Menjawab kebutuhan akan perubahan kurikulum berbasis KKNI, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) mengunadang alumni untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) pada jumat 24 Maret 2017. Bertempat di ruang Audiovisual lantai 3, Anang Hermawan selaku kutua tim Kurikulum sekaligus fasilitator FGD mengatakan “kami mengundang beberapa alumni untuk bercerita terkait pekerjaan sekaligus untuk memberi masukan atas kebutuhan pendidikan di Prodi Ilmu Komunikasi”.

11 peserta FGD adalah alumni dari angkatan 2016 hingga 2015. Mereka adalah wartawan media online, wartawan majalah, dosen, peneliti, pendamping communiny development, tim creative advertising, dan beberapa profesi lain. Dari hasil FGD tersebut beberapa masukan akan menjadi bahan evaluasi kurikulum lama dan rekomendasi kurikulum kedepan.

 

Penulis: sulistiyawati

Foto oleh Sulistiyawati