• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Kunjungan Industri Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII

Email Print
Untuk memperkenalkan berbagai macam media di Yogyakarta pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII angkatan 2009, HIMAKOM yang didukung oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII mengadakan kunjungan industri media. Kunjungan yang diikuti oleh 83 mahasiswa ini  dilakukan pada tanggal 31 Mei 2010 pada pukul 09.00 - 15.30 WIB. Lokasi kunjungan yaitu di KPID Yogyakarta, UNISI FM, dan Radar Jogja.

Tepat pukul 09.45 WIB, rombongan tiba di KPID Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta dan disambut oleh Ketua KPID yaitu S. Rahmat Arifin. Dalam sambutannya, mahasiswa UII diharapkan mampu menjadi lulusan broadcaster yang handal namun tetap menggunakan kode etik penyiaran serta menghasilkan program yang mendidik. Selama ini, berbagai macam program hiburan yang ada di media elektronik belum tentu mengandung unsur pendidikan karena banyak dari program tersebut hanya mengikuti selera pasar.

Kunjungan yang kedua dilanjutkan ke RADIO UNISI FM yang terletak di Jalan Demangan Yogyakarta. Di Radio UNISI FM mahasiswa memperoleh gambaran tentang ruang siaran dan ruang produksi berita, selain itu mereka juga melakukan praktek siaran.

Yang menjadi Kunjungan industri terakhir yaitu Radar Jogja. Di sini mahasiswa dikenalkan dengan lingkungan redaksi media cetak, tata letak layout koran, dan pengelolaan atau penempatan

Penutupan pameran foto dan film dokumenter Candi Pustakasala di Djendelo Cafe

Email Print
Suasana diskusi pameran foto dan film dokumenter di Djendelo Cafe
Pelestarian sejarah dan benda cagar budaya tidak hanya dilakukan melalui proses pemeliharaan benda tersebut, namun bisa melalui proses pendokumentasian baik dalam bentuk fotografi maupun film dokumenter. Hal inilah yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII yang beranggotakan 5 orang asisten laboratorium dan dibawah komando Marjito Iskandar Tri Gunawan dalam hal pelestarian dan pemeliharaan Candi Pustakasala yang belum lama ini ditemukan. Selama 2 bulan penuh, proses ekskavasi hingga penggalian candi selesai, telah dirangkum sedemikian rupa sehingga hasilnya bisa dinikmati dalam bentuk pameran fotografi dan film dokumenter Candi Pustakasala.

Read more...

Workshop KLIK 18 menjadi pembukaan Communication Month

Email Print
klik 18 ilkom UII
 Pembukaan acara ”Communication Month” yang diadakan oleh mahasiswa  komunikasi UII diawali dengan kegiatan workshop dari Klik 18 (Komunitas Lensa  Ilmu Komunikasi 18) yaitu ”Workshop kamera analog dan praktek kamar gelap”.  Acara ini diadakan selama dua hari yaitu tanggal 13 – 14 Maret 2010 pukul 10.00 –  15.00 WIB. Bertempat di Ruang fotografi dan kamar gelab Prodi Ilmu Komunikasi  UII, acara ini mampu menarik minat mahasiswa komunikasi angkatan 2009. 

Read more...

Mahasiswa Komunikasi UII mengadakan MAKASI '09 (Malam Komunikasi) di Sinolewah Sleman

Email Print
        Penampilan dari masing-masing kelompok dan penyalaan api unggun merupakan acara puncak kegiatan "Makasi 2009" atau yang lebih sering disebut MAKASI (Malam Keakraban Komunikasi) yang diadakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII. Acara yang bertema "Kampoeng Komunikasi" ini, berlangsung dari tanggal 30 Oktober - 1 November 2009 di Bumi Perkemahan Sinolewah, Cangkringan, Sleman. Acara ini bertujuan untuk lebih mengakrabkan sesama antara mahasiswa baru dan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan bersama sebagai mahasiswa Komunikasi UII.

Read more...

Seminar Publik "Mengkritisi Berita Gempa di Televisi (Kasus Gempa Sumbar)

Email Print
Prodi Ilmu Komunikasi UII bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Yogyakarta, menyelenggarakan seminar di Ruang Sidang MSI UII Demangan Yogyakarta, pada Hari Kamis, 8 Oktober 2009, pukul 16.00 - 17.30 WIB. Seminar publik ini mengkritisi berita gempa di televisi yang terjadi di Daerah Sumatera Barat. Hadir sebagai pembicara yaitu Hendry Subiyakto. MA (Staf Ahli Menteri Komunikasi & Informatika RI dan Dosen FISIP Universitas Airlangga Surabaya), dan Rachmat Arifin (Ketua KPID Yogyakarta) sebagai narasumber.

Read more...