Website Komunikasi UII dan FPSB UII Raih Apresiasi di Ajang UWA UII
Website adalah garda depan sebuah institusi. Di mata pembaca, Website dianggap representasi citra lembaga. Maka dari itu pengelolaannya dengan baik menjadi utama. Pengelolaan yang dimaksud mencakup pengelolaan dari sisi konten statis, konten dinamis, desain grafis konten, hingga perawatan teknis sesuai branding lembaga terkait. Begitu juga dengan website di lingkungan UII.
Bidang Humas UII melakukan beberapa terobosan sejak 2020. Pertama misalnya dengan membuat apresiasi pada pengelola website di lingkungan UII baik di level unit, jurusan, dan fakultas. Kedua, membuat serangkaian pelatihan pada pengelola website mulai dari pelatihan penulisan hingga desain slider. Pada 2021, peningkatan kapasitas juga dilakukan dengan membuat pelatihan penulisan dengan teknik parafrase, desain grafis, hingga perawatan perangkat CMS (content management system). Keempat, ajang apresiasi kembali dilakukan dengan tajuk UWA 2021/ UII Website Appreciation.
Humas UII memberikan apresiasi pada website yang dikelola oleh unit Fakultas, Jurusan/Prodi, Unit layanan, Pusat Studi di lingkungan UII. Menurut Ratna Permata Sari, Kepala Bidang Humas UII sekaligus Dosen Komunikasi UII, apresiasi ini Humas UII berikan atas keikutsertaannya dalam mempertahankan citra positif Universitas Islam Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Mafhum bahwa selama pandemi Covid-19, website jadi alat penting menjembatani layanan dan pencitraaan UII di depan mahasiswa. Baik itu membantu juga pada layanan perkuliahan, layanan informasi, layanan akademik, hingga layanan yang sifatnya suportif pada mahasiswa dan orang tua yang terdampak pandemi Covid-19. Bukan hanya mahasiswa, melainkan seluruh sivitas akademika pun mendapat manfaat dengan optimalisasi website di lingkungan UII.
Penilaian dilakukan sejak 16 Agustus hingga 6 Oktober 2021. Lalu puncaknya pada 20 Oktober 2021 Bidang Humas UII mengumumkan hasil UWA UII. Website Komunikasi UII, yang pada tahun sebelumnya meraih penghargaan pertama sebagai website dengan konten terbanyak di level jurusan, kini meraih peringkat Web dengan kategori C. Peringkat ini menunjukkan bahwa website memiliki beberapa elemen dari setiap aspek penilaian. Konten hanya beberapa yang update, seperti slider, berita, dan agenda/ pengumuman. Harus diakui, slider web Komunikasi UII saat itu belum ter-update. Sedangkan Website FPSB UII berhasil masuk dalam kategori B. Kategori ini menunjukkan bahwa website memiliki semua elemen dari setiap aspek penilaian dan cukup update konten-kontennya, terutama slider. Website Komunikasi UII dan FPSB UII berhasil menyisihkan 49 peserta pengelola website di UII dan 13 sisanya tidak mendapatkan penghargaan kategori apapun.
Apa Kriteria Penilaian?
Kriteria penilaian ini penting dibahas agar ke depan jajaran pimpinan dapat meningkatkan performa websitenya. Kriteria penilaian pertama adalah, website menggunakan tema standar UII. Kemudian logo unit di website harus sesuai branding UII. Traffic Kunjungan Website juga konstan dan terdaftar ke dalam Google Analytics. Kriteria berikutnya adalah konten berita dan Agenda harus up-to-date. Konten itu mencakup konten Statis, dinamis, dan gaya bahasa konten. Konten statis berisi kelengkapan konten berdasarkan menu. Sedangkan konten Dinamis berisi update berita. Gaya bahasa konten juga harus merupakan konten informasi yang jelas. Konten website informatif. Informatif ini termasuk mencantumkan alamat yang sesuai dan jelas, email yang sesuai dan aktif, dan nomor telpon kantor yang sesuai dan aktif.