Meme dan Kontruksi TikTok Culture dalam #DontPlayPlayBosku

TikTok
Reading Time: 2 minutes

Artikel ilmiah berjudul Memes and Constructions of TikTok Culture in #DontPlayPlayBosku yang ditulis oleh Sumekar Tanjung, S.Sos, M.A. salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) telah terbit pada 15 Mei 2024 di Jurnal Studies in Media and Communication – RedFame.

Gagasan yang diungkapkan pada riset ini adalah, TikTok tidak hanya sekedar media sosial namun terdapat teks yang kompleks dan memetics. Selain memediasi dan memfasilitasi produksi video pendek, tetapi TikTok juga telah menjadi budaya. Sementara unggahan video di platform tersebut perharinya mencapai 35 milion menjadi kajian yang komprehensif.

Meme yang menjadi gagasan utama pada riset ini merupakan medium komunikasi sebagai bentuk ekspresi multipartisipan kreatif untuk menyampaikan identitas budaya dan politik yang mampu dinegosiasikan ternegosiasi. Namun di Bahkan TikTok telah melampaui itu, meme dikreasikan dengan secara remix atas gambar, video, audio, dan pesan. Dalam konteks budaya internet, meme menjadi artefak online yang disebarkan melalui peniruan, kompetisi, dan transformasi.

Jika sebelumnya meme hanya dianggap sebagai jokes, nyatanya meme memuat kritik sosial dan politik. Bahkan meme mampu membuat perubahan dan narasi publik baik secara langsung maupun online.

Terkait meme Don’t Play Play Bosku telah populer sejak tahun 2020 lalu, salah satu influencer Indonesia yakni Awkarin. Terlepas dari asumsi soal gaya hidup kelas atas yang dipamerkan oleh Awkarin, namun hal itu tak berarti mewakili kehidupan nyata dari influencer yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Meme Don’t Play Play Bosku telah populer sejak 2020 lalu melalui influencer Indonesia, Awkarin.

“Dalam video pendek berdurasi 9 detik, Awkarin mengekspresikan ungkapan berbunyi, “Visi foya misi foya, visi misi foya foya. Don’t play play bosku.” Dengan dimaknai secara bebas, lelucon ini seolah mengajak pada siapapun yang menginginkan kepuasan materi, jangan membuang waktu, dan berlaku serius”.

“Kemudian “bosku” merupakan ekspresi informal. Beberapa orang di Indonesia mengatakan “siap bosku” alih-alih menjawab “OK” atau “OK boss”. Penggunaan istilah ini saat ini dapat dilekatkan kepada siapapun, tidak hanya kepada boss atau atasan tapi juga teman, orang yang lebih tua, sekedar untuk lucu-lucuan atau bercanda”.

Penelitian dilakukan dengan teknik pengambilan sampel puRposif dengan mencari tema-tema kaya informasi dan menangkap variasi analitik penting dalam fenomena. Dari 84.400 video, peneliti menyaring sampel 145 video kemudian mengambil 10 video yang mewakili dengan berbagai ketentuan memiliki kriteria yakni memiliki memperoleh likes lebih dari 50.000 likes dan 5.000 angka capaian shared. Hasil riset yang berfokus pada meme Don’t Play Play Bosku menunjukkan tiga klasifikasi tema yakni inadequacy (menjadi yang tidak memadai), metaphors and practice of playfulness (metafora praktik main-main), dan mental satire (sindiran kena mental).

“Temuan penelitian ini menegaskan bahwa konstruksi budaya TikTok pada pengguna terbentuk dari ritual bersama dalam peniruan dan replikasi. Mengkaji budaya TikTok semacam ini tidak dapat hanya mengacu pada analisis video secara tunggal, namun juga memerlukan analisis budaya TikTok sebagai platform partisipatif yang dibingkai algoritma”.

Penulis:

Sumekar Tanjung merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang fokus dengan klaster riset Komunikasi Visual.

Studies in Media and Communication – RedFame

https://doi.org/10.11114/smc.v12i3.6842