Bagaimana Media Olahraga Meliput Saat Pandemi Covid-19

Reading Time: 2 minutes

Pandemi membuat pola kerja berubah, Ada banyak tantangan baru. Seperti apa? Diskusi bulanan yang digelar Nadim Komunikasi UII mencoba mengangkatnya dan mencari jawab dari pertanyaan-pertanyaan itu. Mulai dari strategi media online yang berubah, mencari ragam strategi, dan trik konten untuk merebut pembaca, bahkan di tengah kepungan virus Corona.

Diskusi Nadim kali ini mengundang Narasumber bernama Muhammad Diast Reyhanrafif untuk menjadi mitra berdiskusi para mahasiswa di Komunikasi UII. Diast adalah alumni Ilmu Komunikasi UII angkatan 2017. Penelitian akhirnya dalam skripsi meneliti Manajemen Redaksional dalam Pemberitaan Pembatalan Kompetisi Liga Sepakbola Nasional. Ada beberapa media yang dijadikan objek riset. Di antaranya Detik.com, okezone.com. Bolasport.com, Jawapos.com.

Menurut Diast, beberapa media online cukup responsif dan kreatif mengatasi pemberitaan di tengah pandemi. “Detik.com misalnya, mereka mengangkat sisi human interest selama pandemi. Mengenai ketidakpastian gaji di tengah ketidakpastian kompetisisi, Juga kegiatan pemain selama pandemi, Termasuk juga berita ketidakpastian liga I dan liga 2,” kata Diast mengungkap salah satu hasil penelitiannya pada Selasa, 15 Februari 2022.

Lain Detik, lain media dotcom sisanya. Bolasport, kata Diast, memberikan sajian konten perjalanan sepakbola, Bentuknya timeline atau momen memorable. Timeline itu dilacak dari tahun ke tahun. Selain itu, bolasport juga meliput kegiatan supporter selama pandemi. Meski terkesan biasa, tapi terlihat upaya kreatif berkelok di tengah minimnya peristiwa yang bisa jadi sumber tulisan karena adanya pembatalan kompetisi Liga Sepakbola nasional.

Tak beda, Okezone dari grup MNC punya strategi lain. “Okezone.com memiliki soccertainment, Itu adalah rubrik yangmemberitakan kegiatan pemain saat liga-liga belum mulai, Misalnya dukungan pemain, dukungan federasi, dukukangan kesetahan saat ada pemaian atau pelatih terkena corona,” papar Diast yang juga pernah menjabat sebagi Ketua Klub Jurnalistik Redaksi Komunikasi ini. Menurut Diast, rubrik ini banyak bicara bola international karena masih bayak diminati pembaca.

Jika okezone banyak melansir berita olahraga internasional karena disukai pembaca banyak, Jawapos justru lebih banyak Fokus berita olahraga nasional. Misalnya berita yang diangkat adalah seputar aktifitas pemain pelatih di luar lapangan. Atau juga tema bursa transfer pemain karena banyak pemain di luar negeri. Termasuk tak lupa juga melakukan peliputan tentang langkah PSSI dalam upaya menjalankan liga.

Ifa Zulkurnaini, moderator diskusi juga sempat bertanya, apa ada lagi riset lanjutan yang bisa dilakukan dalam konteks jurnalisme olahraga ini. Narayana, Dosen Komunikasi UII, yang juga hadir sebagai peserta diskusi mengatakan, bahwa masih ada yang bisa diteliti berkaitan dengan jurnalisme olahraga. Tak hanya yang dilakukan Diast, di olahraga sepak bola, tapi juga bisa dilakukan riset lain bagaimana media-media jurnalisme olahraga lain meliput di tengah pandemi khususnya untuk olahraga selain sepak bola. “Sepak bola masih bisa jalan pertandingannya, tapi basket, badminton, dan lain-lain gimana? bagaimana jurnalis olahraga dan medianya meliput dan bertahan di tengah pandemi? mungkin itu ya yang bisa dilanjutkan,” kata Nara mencoba berpendapat di tengah diskusi.