Apa saja yang bisa mahasiswa lakukan bersama tim di International Program (IP) Komunikasi UII?

Jika anda belum banyak tahu soal program internasional di Komunikasi UII, kini saatnya berkenalan. Mari menyelami seluk beluk International Program yang berdiri pada 2018 ini. Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam program studi ini misalnya melakukan beragam proyek pengembangan skill, karakter, dan pengalaman internasional kerangka proyek perjalanan dan kompetisi internasional P2A (Passage to Asean) seperti tahun-tahun sebelumnya. (link)

Anda juga dapat melakukan pertukaran pengetahuan dalam kelas-kelas kuliah dengan bahasa inggris. Proses pembelajaran day to day dengan menggunakan bahasa inggris memungkinkan terbentuknya suasana akademik yang kondusif. Kondusif dalam arti memperkuat soft skill kepemimpinan di masa depan dengan beragam program penguatan karakter. Beberapa program ke depan juga akan dilaksanakan melibatkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran seperti program magang internasional dan program pemberdayaan komunitas internasional.

Sebagai mahasiswa Program internasional, anda memiliki kebebasan akademik untuk melakukan studi dan penelitian pada beragam tema kajian pada 6 klaster. 6 Klaster itu seperti Komunikasi Geografi, Komunikasi Visual, Jurnalisme, Public Relation, Komunikasi Pemberdayaan, dan Regulasi dan Kebijakan Komunikasi.

Selama 4 tahun, atau sekira 8 semester, anda akan menjalani 144 SKS yang dibagi sekira 20-24 SKS selama 4 tahun masa kuliah. Dari 20-24 SKS jika dipilah bisa mencakup 6-8 mata kuliah per semester. Anda bisa memilih 4 peminatan khusus juga seperti Jurnalisme, Public Relation, Media Kreatif, dan yang terakhir Kajian Media. Pada semester ke-7 mahasiswa dapat menguji kemampuannya mengaplikasikan teorinya dalam kerja akademis seperti membuat karya tulis akademik atau proyek tugas akhir seperti produksi film dokumenter, foto, produksi program berita, atau produksi media kreatif yang lain.