Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII Gelar Workshop Pembuatan Konten Media Sosial untuk Pelajar

communication department UII Commnunication for empowerment
Reading Time: 2 minutes

Rangkaian workshop pembuatan konten media sosial di MA Madania Bantul telah dilaksanakan pada tanggal 9,16, dan 30 November 2019. Bersama siswa ekstrakurikuler desain grafis MA Madania Bantul, membahas materi seputar dasar-dasar membuat ide dan menulis konten, desain grafis, fotografi, serta videografi.

Untuk itu, penyelenggara menggandeng beberapa mitra untuk bekerjasama seperti content creator “Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini” Muhammad Ichsan atau yang akrab disapa Mas Aik, komunitas fotografi Ilmu Komunikasi UII  Klik18, dan komunitas film Ilmu Komunikasi UII Kompor.Kom.

Program yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan bekal terkait pembuatan konten di media sosial merupakan perwujudan dari mata kuliah Manajemen Komunikasi Non-Komersil yang beranggotakan Dhea Fylla Ifadha, Ghina Nabilah Sholikhati, Salsabila Azzahra, Syarifah Febrilian, dan Muhammad Atha Ramaputra.

Sabtu, 9 November 2019 adalah hari pertama dilakukannya workshop pembuatan konten media sosial. Dasar-dasar pembuatan ide, menulis, serta desain grafis disampaikan oleh content creator, Muhammad Ichsan Permana Putra atau, selaku kreator “Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini”. Ichsan mengatakan, cara membuat beragam konten, dapat dimulai dari keresahan atau hal terdekat, dan menguraikan dalam peta pikiran/ mind map. Seluruh peserta menunjukkan ketertarikan yang cukup besar terhadap materi-materi yang disampaikan oleh pembicara. Terbukti dengan keaktifan mereka pada saat sesi tanya jawab. Saat melakukan praktik pun peserta sangat antusias dan dapat mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka. Hasil praktik yang diperoleh dari eksplorasi ide-ide tersebut kemudian dituangkan ke dalam bentuk poster sederhana yang dibuat oleh masing-masing kelompok.

Pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2019. Pada pertemuan ini, materi yang disampaikan yaitu mengenai fotografi. Program ini menggandeng Arvannya P. Sagala sebagai mitra. Acara tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Keaktifan, antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi terpancar ketika seluruh peserta mau menyimak materi yang disampaikan dan melakukan praktik secara langsung mengenai food photography. Saat itu produk yang digunakan sebagai objek adalah Bakpia Madania, di mana produk tersebut merupakan produk asli buatan Yayasan Madania. Dari praktik tersebut, foto-foto yang dihasilkan oleh peserta workshop terlihat apik seperti jepretan seorang fotografer handal.

 

Sesi workshop terakhir dilangsungkan pada Sabtu, 30 November 2019. Bersama anggota komunitas film Kompor.Kom dan penyelenggara, peserta mengenal dasar-dasar videografi. Mulai dari shot, angle, hingga pergerakan kamera saat pengambilan gambar. Kemudian peserta mencoba membuat video singkat berdurasi kurang lebih satu menit. Kekompakan dan antusiasme tergambar jelas ketika para peserta workshop mulai melakukan praktik pembuatan video. Ide cerita yang dibuat pun sangat dekat dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga hal tersebut membuktikan bahwa peserta pelatihan pembuatan konten media sosial dari MA madania ini dapat menangkap dan belajar dengan cepat mengenai materi-materi videografi yang disampaikan oleh pembicara.

Pada setiap akhir sesi pertemuan, apresiasi diberikan kepada karya-karya terbaik hasil dari praktik. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar para peserta workshop terhadap materi-materi yang telah disampaikan oleh para pembicara.