Untuk memperkenalkan berbagai macam media di Yogyakarta pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII angkatan 2009, HIMAKOM yang didukung oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII mengadakan kunjungan industri media. Kunjungan yang diikuti oleh 83 mahasiswa ini  dilakukan pada tanggal 31 Mei 2010 pada pukul 09.00 – 15.30 WIB. Lokasi kunjungan yaitu di KPID Yogyakarta, UNISI FM, dan Radar Jogja.

Tepat pukul 09.45 WIB, rombongan tiba di KPID Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta dan disambut oleh Ketua KPID yaitu S. Rahmat Arifin. Dalam sambutannya, mahasiswa UII diharapkan mampu menjadi lulusan broadcaster yang handal namun tetap menggunakan kode etik penyiaran serta menghasilkan program yang mendidik. Selama ini, berbagai macam program hiburan yang ada di media elektronik belum tentu mengandung unsur pendidikan karena banyak dari program tersebut hanya mengikuti selera pasar.

Kunjungan yang kedua dilanjutkan ke RADIO UNISI FM yang terletak di Jalan Demangan Yogyakarta. Di Radio UNISI FM mahasiswa memperoleh gambaran tentang ruang siaran dan ruang produksi berita, selain itu mereka juga melakukan praktek siaran.

Yang menjadi Kunjungan industri terakhir yaitu Radar Jogja. Di sini mahasiswa dikenalkan dengan lingkungan redaksi media cetak, tata letak layout koran, dan pengelolaan atau penempatan