Diskusi Bulanan Nadim: Komunikasi Pemberdayaan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa
Fenomena Desa Wisata kian marak. Terlebih di abad instagram kini banyak orang yang ingin menyambangi berbagai tempat yang instragramable. Selain untuk healing-healing dari kepenatan, juga agar tetap eksis di dunia maya dengan update story dan laman feed.
Namun, mengembangakan desa wisata bukanlah hal mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapakan. Mulai dari sumber daya manusia, infrastruktur dan juga sumber pendanaan. Maraknya desa wisata ini menjadi daya tarik tersendiri untuk ditelisik lebih jauh bagiaman mengupayakan pembentukan desa wisata tersebut serta apa kendala dan cara mengatasinya.
Untuk mengetahui bangaimana masyarakat dan pemerintah desa Karangrejo membangun desa wisata ini, Zubaidah Nur Oktafiani, mahasiswa Ilmu Komunikasi mengangkatnya sebagai sebuah tema untuk menyelesaikan tugas akhirnya sebagai mahasiswa. Temanya adalah Komunikasi pemberdayaan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Wisata di Wilayah Borobudur Magelang. Zubaidah memaparkan ini dalam diskusi bulanan yang diselenggrakan oleh Pusat Studi dan Dokumentasi Media Alternatif (PSDMA) NADIM Prodi Ilmu Komunikasi Universitas islm Indonesia (UII) pada Kamis, 9 Juni 2022.
Ia menceritakan tahap-tahap pemerintah desa dan masyarakat yang paling utama yang harus dilakukan adalah perencanaan yang meliputi penggalian potensi desa, membuat masterplan rencana pembangunan, dan membentuk organisasi penunjang.
Menurut Zubaidah, ada beberapa prinsip dasar yang sering lalai dipertimbangkan dalam proses pembentukan desa wisata. Dalam pembentukan desa wisata karrangrejo Borobudur prinsip-prinsip yang dijaga dan diaplikasikan adalah prinsip tersebut antara lain kesetaraan, partisipasi seluruh komponen masyarakat, kemandirian dengan tidak bergantung bantuan dari pihak pemerintah maupun pihal lain, serta prinsip keberlanjutan.
Ada tujuh upaya pemerintahan desa menuju pengembangan desa wisata. Pertama adalah Desa melakukan pengembangan SDM dengan cara membuat kegiatan edukasi, pelatihan keterampilan, diskusi dan studi banding. Kedua, desa menjalin kerjasama dengan beragam pihak. Contohnya kemitraan dengan instansi pemerintah, LSM, agen travel, bahkan perusahaan negara.
Upaya ketiga, desa juga menyelenggarakan aktivitas-aktivitas pemerintahan di desa dengan mengadakan rapat, acara tahunan, dan juga pertemuan. Sedangkan usaha keempat yang dilakukan pemerintah desa adalah menguatkan citra dan promosi lewat sarana online maupun offline.
Empat upaya ini akhirnya mendukung bagaimana upaya kelima bekerja efektif. Desa menyelenggarakan festival atau kegiatan lain yang menarik kunjungan dan popularitas. Selain festival, misalnya, juga diadakan pertandingan voli dan festival budaya yang dihelat rutin.
Tentunya, upaya keenam ini juga penting mendukung upaya lainnya. Upaya keenam ini juga dilakukan agar ada penunjang pariwisata. Upaya ini dilakukan untuk membentuk organisasi warga sebagai support system pariwisata. Upaya ketujuh adalah dengan bermitra dengan perguruan tinggi. Beberapa kampus yg menjadi mitra adalah ISI, UGM, UNY, Sekolah pariwisata Sahid, UMS, Dll
Dampak positif pemberdayaan masyarakat desa wisata Karangrejo terlihat pada beberapa hal. Menurut Zubaidah, misalnya adalah dampak dengan adanya perbaikan kelembagaan di lingkup desa, perbaikan lain misalnya perbaikan iklim usaha, perbaikan pendapatan di sektor ekonomi, perbaikan lingkungan misalnya dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan hidup bersih dan sehat yang mendukung lokasi wisata yang bersih. Ada juga dampak dengan meningkatnya taraf kehidupan masyarakat, dan perbaikan kondisi sosial masyarakat yang menjadi lebih guyup dengan adanya beberapa lembaga masyarakat yang menopang pariwisata.