CCCMS 2024: Communicating Space and Place in Cultural Hybridity

Communicating Space and Place in Cultural Hybridity
Reading Time: 2 minutes

Panel bertajuk Communicating Space and Place in Cultural Hybridity pada 7th CCCMS 2024 yang dipandu oleh Holy Rafika Dhona, salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi UII, pada 28 Agustus 2024 menggali lebih dalam terkait bagaimana mengkomunikasikan ruang dalam budaya hybrid.

Salah satu paper menarik milik Natalia Grincheva dari LASALLE, University of Arts Singapore dengan judul “Smart & Creative Environments? Exploring the Role of Arts Data in Sustainability of Smart Cities” mengeksplorasi bagaimana data seni yang dihasilkan oleh organisasi budaya dapat diintegrasikan dalam tata kelola smart city secara berkelanjutan dengan pendekatan kultural.

Natalia membandingan konsep smart city yang diusung Singapura dengan beberapa negara seperti Melbourne, New York City, dan London. Hasilnya adalah Singapura dan Melbourne belum menemukan refensi secara eksplisit terkait kebijakan di dalamnya. Berbeda dengan NYC yang jelas fokus pada smart environment dan London yakni smart living.

Beberapa pertanyaan yang digali dalam riset tersebut berkisar soal kebijakan yang mempertanyakan apakah seni dan budaya memberikan kontribusi yang berarti pada pengembangan smart city. Bahkan keterlibatan pemerintah dalam memberikan insentif dan dukungan yang berarti serta organisasi budaya yang mungkin akan menawarkan meaningful space untuk masyarakat kota.

Presenter kedua ada Josephine Choi Hio Ian, dari Hong Kong dengan papernya yang berjudul “Cultural Space and Place in China’s Smart Cities”. Riset tersebut mengeksplorasi kebijakan dan praktik di wilayah Greater Bay Area terkait smart city dengan mengimplementasikan proyek-proyek budaya. Riset ini juga menggali teknologi pada smart infrastructure seperti proyek taman budaya OCT-LOFT Creative di Shenzhen dan Distrik Budaya Kowloon Barat di Hong Kong.

Sementara penemuan Josephin menyebut bahwa data tentang aplikasi pintar dalam industri budaya di Hong Kong dan Shenzhen dalam rencana wilayah Teluk masih belum tersedia. Dampak dari penggabungan budaya dan pengembangan Smart City di wilayah teluk yang lebih luas belum dieksplorasi. Terakhir soal kebijakan dan praktiknya belum dieksplorasi secara luas.

Selain dua presentasi terkait smart city dan budaya, ada dua presentasi lain yakni oleh Andrea Miconi, IULM University dengan judul “Values and Fears of the Europeans; A Media Theory Perspective”. Secara spesifik menjelaskan hasil proyek Horizon 2020 project EUMEPLAT – European Media Platforms yang menilai eksternalitas positif dan negatif untuk budaya Eropa.

Panelis terakhir adalah Martriana Ponimin Said, Universitas Pancasila Jakarta dengan papernya berjudul “Life is a Game: Scrabble Club Community in Inland Village”. Riset ini menunjukkan peran penting komunitas scrabble di desa pedalaman dalam meningkatkan kualitas diri masyarakatnya. Tantangannya adalah bagaimana lingkungan yang hibrida yang belajar bahasa asing namun tetap mempertahankan budaya tradisional. Studi ini berada di Kampoeng Inggris Borneo. []

 

Penulis: Meigitaria Sanita