BERITA PILIHAN

Untuk memperkenalkan berbagai macam media di Yogyakarta pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII angkatan 2009, HIMAKOM yang didukung oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII mengadakan kunjungan industri media. Kunjungan yang diikuti oleh 83 mahasiswa ini  dilakukan pada tanggal 31 Mei 2010 pada pukul 09.00 – 15.30 WIB. Lokasi kunjungan yaitu di KPID Yogyakarta, UNISI FM, dan […]

Literasi kerap dipahami sebagai kemampuan membaca dan menulis aksara tertulis dan tercetak. Literasi juga dipandang sebagai dasar keterlibatan dalam kehidupan berbangsa yang tidak mungkin dikelola secara tatap muka. Kini kehidupan bersama juga terjalin melalui gambar di televisi, film bioskop, papan iklan, dan situs-situs di internet. Medium yang berbeda membentuk pesan yang berbeda, serta menuntut kemampuan […]

Pelestarian sejarah dan benda cagar budaya tidak hanya dilakukan melalui proses pemeliharaan benda tersebut, namun bisa melalui proses pendokumentasian baik dalam bentuk fotografi maupun film dokumenter. Hal inilah yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII yang beranggotakan 5 orang asisten laboratorium dan dibawah komando Marjito Iskandar Tri Gunawan dalam hal pelestarian dan pemeliharaan Candi […]

 Pembukaan acara ”Communication Month” yang diadakan oleh mahasiswa  komunikasi UII diawali dengan kegiatan workshop dari Klik 18 (Komunitas Lensa  Ilmu Komunikasi 18) yaitu ”Workshop kamera analog dan praktek kamar gelap”.  Acara ini diadakan selama dua hari yaitu tanggal 13 – 14 Maret 2010 pukul 10.00 –  15.00 WIB. Bertempat di Ruang fotografi dan kamar gelab […]

        Penampilan dari masing-masing kelompok dan penyalaan api unggun merupakan acara puncak kegiatan "Makasi 2009" atau yang lebih sering disebut MAKASI (Malam Keakraban Komunikasi) yang diadakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII. Acara yang bertema "Kampoeng Komunikasi" ini, berlangsung dari tanggal 30 Oktober – 1 November 2009 di Bumi Perkemahan Sinolewah, Cangkringan, Sleman. Acara ini […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 1, Nomor1, Oktober 2006 ISSN 1970-848X   Cultural Capital Apparatus: Relasi Kuasa Bisnis dan Media dalam Globalisasi   Oleh  Muzayin Nazaruddin     Abstract             In front of global capitalism, the state is no longer be a main power. The sources and power relations upon the society are getting more complicated. […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor 2, April 2009 ISSN 1970-848X   Corporate Social Responsibility (CSR): the Communication Challenge Oleh: Dyah Pitaloka, SH., MA Abstract Corporate Social Responsibility has now face a new challenge. Skepticism and untruthful reaction from public and stakeholders rise as a form of response toward the practice of Corporate Social Responsibility.  Latest […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor2, April 2009 ISSN 1970-848X   Communicating Corporate Social Responsibility Responsibly   Oleh: Nia Sarinastiti   Abstract Menjalankan dan mengkomunikasikan mengenai upaya perusahaan dalam menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) sangat beragam.  Namun seringkali komunikasi lebih mengutamakan pada pandangan perusahaan bukan mengutamakan pada pandangan stakeholder, atau partisipasi mereka […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Ideologi Islam dalam Kebijakan Redaksional Harian Umum Republika: Analisis Wacana Kritis tentang Pemberitaan Konflik PKB dan Film Fitna   Oleh: M. Exsa Firmansyah  Abstract: This research focus on Islamic ideology in the redactional policy, that was one of the internal factor when creating a Republika […]

JURNAL KOMUNIKASI Volume 3, Nomor1, Oktober 2008 ISSN 1970-848X   Konglomerasi Media dan Konstruksi Praksis Demokrasi Pasca Rezim Orde Baru: Sebuah Refleksi Awal Oleh Nyarwi   Abstract                 After the post New Order Regime Soeharto, the Indonesian mass media industries have been developing their self as media conglomeration model. Some group of media industries manufactured […]