Pada kesempatan sebelumnya, telah dilakukan Welcoming Day untuk menyambut mahasiswa IP Komunikasi UII pada 30 Agustus 2019. Pada saat itu, Sekprodi IP Komunikasi UII, Ida Nuraini Dewi K. N. Menyambut dengan memerkenalkan diri, dan memberi saran pada para mahasiswa, “Kalau ada apa-apa soal akademik, study, dan lain-lain, boleh kontak saya.” Kalau mahasiswa IP Komunikasi UII ada kendala, Ida Nuraini membuka diri untuk bisa mendiskusikan setiap kendala yang muncul.

“Jangan memikirkan kuliah di IP terlalu serius. IP itu menyenangkan. Ada program rutin nya IP. P2A misalnya.  Mulai sekarang, menabunglah karena kita akan banyak kegiatan internasional. Bisa buat paspor dari sekarang,” Jelas Lulusan Chinese Culture University, Taiwan, ini dengan semangat.

Welcoming day berlanjut pada hari berikutnya, 31 Agustus 2019, dengan tajuk Academic Skill Study. Studi Keterampilan Akademik ini berisi beberapa poin kunci untuk jadi pegangan para mahasiswa IP Komunikasi UII mengarungi pesona pengetahuan di prodi ini. Ada beragam sesi dalam kesempatan Academic Skill Study.

Misalnya seperti yang diungkapkan oleh Ida, “Ada sesi motivasi yang maunya menimbulkan keakraban biar mahasiswa ngerasa belong to IP,” katanya. “Memang tujuannya kegiatan itu mau membentuk karakter dan motivasi sejak dini. Academic skill study di awal sebelum perkuliahan biar ada orientasi dan pembekalan. Numbuhin motivasi untuk belajar,” tambah Ida. Materi yang dirancang juga beragam merentang  dari Manajemen Diri, Why IP, hingga Academic Writing dan creative thinking.

Rancangan kegiatan ini memang dibuat untuk memberikan pengantar pemula bagi mahasiswa IP komunikasi UII. Kegiatan ini juga menjadi jembatan bagi mereka yang baru saja lulus dari sekolah menengah dan masuk ke dunia mahasiswa yang serba mandiri. Ada kekagetan dan culture shock tentu, yang diharapkan harus dihadapi oleh tiap mahasiswa, bukan dihindari. Misal, berhadapan dengan tugas bejibun, apalagi disertai dengan pengantar bahasa inggris dan beragam aktivitas kemahasiswaan yang lain.