Sambutan Ketua Program Studi

Puji Hariyanti, S.Sos., M.I.Kom.

Sekelumit Kata Sambut

Communication for Empowerment” menjadi spirit yang diusung Program Studi Ilmu Komunikasi FPSB UII dalam menyelenggarakan seluruh aktivitas akademik. Spirit empowerment termanifestasi dalam empat matra (catur dharma): pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah islamiyah sehingga tercapai proses pembelajaran yang kritis, inovatif, kreatif, dan transformatif. Nilai-nilai ini melekat dalam kurikulum dan silabus pengajaran yang dirancang sebagai panduan dalam proses perkuliahan yang adaptable terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berorientasi pada usaha-usaha   pemberdayaan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII dapat memilih konsentrasi yang diminati: Public Relations, Jurnalisme, Kajian Media, dan Media Kreatif. Mereka tidak hanya menempuh mata kuliah teori, namun juga mata kuliah yang bermuatan praktikum. Di akhir masa studi mahasiswa diwajibkan melaksanakan praktek magang sesuai dengan bidang minat yang dipilih dan  menyusun Tugas Akhir berupa Skripsi atau Projek Komunikasi. Empat bidang ini akan selalu diselaraskan dengan perkembangan Ilmu Komunikasi dan kebutuhan dunia kerja yang dinamis.

Sejak tahun 2018, Prodi Ilmu Komunikasi UII membuka Program Internasional (IP) dengan menawarkan beberapa keunggulan seperti Global Experience yang ditempuh oleh setiap mahasiswa sekali selama masa studi, Character Building Program, dan Annual Summer Program dengan menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di kawasan ASEAN maupun negara-negara lainnya. Mahasiswa IP juga terlibat dalam agenda-agenda berskala internasional seperti konferensi dan kolaborasi dalam memproduksi konten media kreatif.

Untuk mendukung aktivitas perkuliahan, Prodi Ilmu Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium, studio, pusat studi, dan ruang untuk berkreasi, yaitu Laboratorium Fotografi dan Multimedia, Laboratorium Audio, Laboratorium Audio Visual, Pusat Studi dan Dokumentasi Media Alternatif (PSDMA) Nadim, dan Creative Space yang dimanfaatkan mahasiswa untuk merancang gagasan-gagasan kreatif. PSDMA Nadim menyediakan sumber-sumber referensial dan secara rutin menyelenggarakan diskusi dan apresiasi karya. Prodi Ilmu Komunikasi juga membangun dan mengembangkan TV online (UNIICOMS) dengan konten-konten yang berorientasi pada penguatan visi dan misi program studi dan universitas.