• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Communication Field Trip Sebagai Wadah Memperkenalkan Pekerjaan Dunia Komunikasi

Email Print

Yogyakarta-HIMAKOM UII menggelar event Communication Field Trip 2017 (CFT 2017) yang berlangsung  dari tanggal 8-11 November 2017. Kegiatan ini mengajak mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UII dari berbagai angkatan untuk mengunjungi instansi yang linear dalam ranah dunia komunikasi seperti  dunia jurnalistik, broadcasting, public relation, dan  industri kreatif.  CFT 2017 kali ini memilih Ibukota jakarta sebagai lokasi yang dikunjungi. Sebanyak 40 mahasiswa Ilmu Komunikasi UII dan dua orang dosen pendamping, Muzayin Nazaruddin dan Ali Minanto turut berpartisipasi dalam memeriahkan rangkaian acara tersebut.

Pada hari pertama kunjungan (9/11/2017), peserta CFT 2017 mengunjungi Kantor Berita Antara di Jl. Medan merdeka selatan no 17. Di sini peserta isa menggali informasi seputar dunia jurnalistik lebih mendalam. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke The East yang merupakan bagian Net Mediatama Televisi yang beralamatkan di Jl. Lingkar Mega Kuningan, untuk bisa memahami bagaimana proses kerja dalam industri kreatif.

Hari kedua (10/11/2017) peserta diajak mengunjungi PR Indonesia Magazine yang berlokasi di Jl. Kebon Sirih No.32-34, Gambir untuk bisa memahami dunia public relation. Sedangkan dihari terakhir (11/11/2017) dimanfaatkan peserta melakukan refreshing setelah melaksanakan Ujian Tengah Semester di Dunia Fantasi (Dufan).

 

Penulis: Risky Wahyudi

Foto: Dokumentasi HIMAKOM

Mahasiswa Perlu Berfikir Kritis dalam Menganilisa Realitas Sosial

Email Print

Berfikir kritis adalah kemampuan dalam berfikir secara terstruktur, analitik dan mengakar dalam hal menganalisis relitas sosial. Melalui suatu pemikiran kritis menjadikan seorang mahasiswa bisa memahami bagaimana relasi kuasa dalam lingkungan sosial. Sehingga hal tersebut menjadi peluang yang bisa memecahkan masalah sosial dan mampu mengatasinya.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan klub jurnalistik program studi Ilmu Komunikasi UII, RedAksi tertarik menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik dan Analisis Kritis. Kegiatan ini merupakan bentuk pelatihan dasar yang diberikan kepada anggota baru RedAksi sebelum nantinya dilepas untuk menjalakan tugasnya masing-masing.

Digelar di ruang RAV Gedung Prodi Ilmu Komunikasi UII pada hari Jumat, 10 November 2017. Khumaid Akhyatul Sulkhan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII 2014  menjadi pemateri Pelatihan Dasar-Dasar Jurnalistik dan juga Risky Eka Satya, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII 2015 sebagai pemateri Analisis Sosial dan berfikir kritis.

 

Penulis: Risky Wahyudi

Foto: Dokumen RedAksi

MATERI MANAJEMEN UTS 2017

Email Print

SILAHKAN DOWNLOAD

Nasuha Ali Sobari Menjadi Presenter Makalah Termuda dalam Seminar Nasional FISIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Email Print

Yogyakarta-Pada praktik strategi komunikasi pemasaran terpadu terdapat aktivitas menjalin hubungan dan menggandeng stakeholder dapat menciptakan sinergi dan mempengaruhi perilaku. Selain itu juga terdapat kegiatan yang menjadi implementasi berdasarkan tools-tools yang terdapat dalam strategi komunikasi pemasaran tersebut. Begituah kesimpulan dari paper yang dipresentasikan oleh Nasuha Ali Sobari (21/102017), mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UII 2013 dalam Seminar Nasional Nasional FISIP UMSIDA yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di Banyuwangi.

Paper yang dipersentasikan oleh Nasuha dalam seminar tersebut merupakan hasil dari tugas akhir skripsinya yang berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam Mempromosikan Pariwisata Provinsi Banten. Ia juga merupakan presenter termuda dalam seminar tersebut.

Seminar Nasional dengan Tema : “ City Branding & Tourism Policy Based On Cultural Wisdom In Indonesia” tersebut digelar pada tanggal 20-21 Oktober 2017, berlokasi di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi. Turut mengundang pembicara di antaranya Wakil Bupati Banyuwangi,  Prof. Dr.  Jusuf Irianto., M.Com (Guru Besar Universitas Airlangga), Prof. Dr. Burhan Bungin, S.Sos., M.Si (Guru Besar Komunikasi Marketing Pariwisata Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya).

 Penulis: Risky Wahyudi

Film ‘Pertolongan’ Sebagai Salah Satu Bentuk Kontribusi Amal dari Dunia Komunikasi

Email Print

Yogyakarta- Sebagai relawan bencana, banyak cara yang bisa dilakukan dalam memberikan bantuan terhadap korban. Tidak hanya memberikan bantuan sumbangan dalam nominal uang atau pun barang, pertolongan juga bisa dilakukan berupa jasa keahlian yang dimiliki. Begitu pula halnya dengan mereka yang menekuni dunia ilmu komunikasi tentun juga memiliki caranya sendiri. Lebih tepatnya bantuan dalam bentuk implementasi dari keahliannya di dunia komunikasi yang manfaat.

Film ‘Pertolongan’ merupakan  salah satu bentuk dari kontribusi tersebut yang pernah diproduksi pada tahun 2010 silam pasca terjadinya erupsi gunung Merapi di Yogyakarta. Karya ini merupakan salah satu bentuk inisiatif yang dilakukan oleh relawan Jalin Merapi yang terdiri dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII, Dosen Ilmu Komunikasi UII, Dosen Ilmu Komunikasi UMY, dan beberapa relawan lainnya yang tergabung di dalamnya.  Film dokumenter ini merekam aktivitas beberapa kelompok relawan dalam memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Merapi dengan cara nya masing-masing.

Marjito Iskandar Gunawan selaku kru yang terlibat produksi dalam film tersebut mengungkapkan bahwa ketika erupsi Merapi 2010 tahun silam, Prodi Ilmu Komunikasi UII mencoba menjadi relawan dengan cara yang berbeda, tepatnya menggunakan pendekatan dunia komunikasi ketika menjadi narasumber dalam diskusi pemutaran film yang merupakan rangkaian kegiatan dari Charity Night Humountainity (16/10/17).  Ia juga menjelaskan bahwa pada waktu itu mahasiswa dan dosen memberikan bantuan di bidang keahliannya masing-masing. “Bagi mereka yang memiliki keahlian jurnalistik akan mensupport informasi berita untuk RRI, Ada juga yang membantu dalam project foto dokumenter, pembuatan buku, dan juga beberapa kegiatan lainnya,” Ujar Gunawan.

“Sedangkan untuk Film ‘Pertolongan’  kita memberikan kamera kepada mahasiswa dan membebaskan mereka untuk mengexplore keahliannya dalam merekam gambar,” ujar laboran Komunikasi UII yang kerab dipanggil mas Gun oleh mahasiswa  Komunikasi UII tersebut.

Charity Night Humountainity merupakan kegiatan inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia dengan menggandeng HIMAKOM Komunikasi UII, Merawat Jogja dan Selasa(r) Literasi. Kegiatan bertajuk Gift with Great Amount of Love, from Mountaint to mountaint, to Agung from Merapi ini di gelar di Fine Coffe, Jalan Kaliurang km 12,5 , Sardonoharjo, Sleman. Kegiatan ini merupakan kegiatan amal bentuk kepedulian yang dikemas  dengan menampilkan puisi, monolog, screening dan musik akustik.

 

Penulis: Risky Wahyudi