• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Analisis Komunikasi Partisipatif Masyarakat Industri dalam Mendukung Branding Kota Menjadi Best Paper di COMICOS 2017

Email Print

Yogyakarta (08/09)-Penelitian yang telah dilakukan oleh Mutia Dewi dan Noer Ayufika Nulul menunjukkan partisipasi masyarakat industri dalam mendukung branding kota berada  pada tahap implementasi dan pemanfaatan hasil. Adapun bentuk komunikasi partisipatif yang dilakukan berupa heteroglasia, dialogis, poliponi dan karnaval. Paper yang berjudul ‘Analisis Komunikasi Partisipatif Masyarakat Industri dalam Mendukung Branding Kota’ ini akhirnya berhasil meraih  best paper dalam Conference on Media, Communications and Sociology (COMICOS) yang diselenggarakan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Branding kota sebagai proses yang tidak muncul secara tiba-tiba merupakan asumsi awal dari penelitian mereka.  Paper tersebut mengungkapkan bahwa branding kota adalah aktivitas yang menuntut sinergitas dari semua pihak, baik pemerintah, warga kota, maupun masyarakat industri. Perlu untuk diketahui, masyarakat industri dianggap menjadi agen yang dapat membantu menguatkan merek sebuah kota melalui aktivitas produksi maupun distribusi produk yang dilakukan. 

Paper yang telah disubmit dalam konferensi tahunan yang digagas oleh prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta tersebut merupakan hasil penelitian kolaborasi antara dosen prodi Komunikasi UII, Mutia bersama Mahasiswi prodi Komunikasi UII, Nulul.  Mutia sendiri sudah dua tahun terakhir menekuni riset di bidang branding kota. Riset pertama tentang branding kota Bandung yang telah dipublikasikan pada 2nd World Conference on Media and Mass Communication 2016 (MEDCOM) di Bangkok, Thailand.

Penulis: Risky Wahyudi

DAFTAR PEMBIMBING SKRIPSI/TUGAS AKHIR SEMESTER GANJIL 2017/2018

Email Print

DOWNLOAD

PENGUMUMAN MASA STUDI

Email Print

PSDMA NADIM dan Laboratorium Pogram Studi Ilmu Komunikasi UII Bekerja sama Menyelenggarakan Pemberdayaan Masyarakat di Dusun Pandean Lor

Email Print

Yogyakarta—Pusat Studi dan Dokumentasi Media Alternatif (PSDMA) NADIM UII bekerjasama dengan Laboratorium Pogram Studi Ilmu Komunikasi UII  melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di dusun Pandean Lor, Ngablak, Magelang  Jawa Tengah. Rangkaian kegiatannya berupa “ Workshop Fotografi, Screening Film  dan Workshop  Public Speaking”. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 12 dan 13 Agustus 2017. Sebanyak  30 orang peserta yang merupakan anggota dari Karang Taruna Pandean Lor ikut berpartisipasi.

 

Hari pertama diisi dengan workshop fotografi dengan pemantik Wean Guspa Upadi, mahasiswa Ilmu Komunikasi UII 2013. Peserta diberikan pemahaman seputar dunia fotografi dan berkesempatan untuk mempraktikkannya. Pada malam harinya peserta diajak untuk menonton beberapa film dokumenter yang disutradarai oleh M. Gunawan Iskandar yang mengangkat isu realitas sosial dan budaya di masyarakat.  Kemudian dilanjutkan dengan diskusi film yang diisi oleh sutradara M. Gunawan Iskandar  dan produser Ali minanto. dan Beberapa judul film yang diputar di antaranya ialah  Ojo Nglalu, Kesan Pertama dan Mata Air Mata. Sedangkan  public speaking diselenggarakan pada hari ke dua dengan pemateri Ida Dewi Nurani .KN yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UII.

 

Tujuan diadakannya workshop tersebut ialah untuk meningkatkan potensi masing-masing peserta. Agar lebih berani berbicara di depan umum dengan sikap dan tata cara yang baik melalui materi workshop public speaking. Workshop Fotografi bertujuan untuk membekali peserta dalam bidang fotografi. khususnya untuk mempersiapkan pemasaran desa wisata yang sedang menjadi program dusun Pandean Lor. Sedangkan Pemutaran Filmdiharapkan mampu membuka pikiran mereka dengan pesan-pesan tersirat yang dituangkan dalam film tersebut dan menggerakkan keinginan untuk memproduksi film.

Penulis: Risky Wahyudi

Foto: Risky Wahyudi

PENGUMUMAN CEPT-CAMP BATCH VIII

Email Print