• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Switch ON: Rethinking Strategic Communication for Empowerment

Yogyakarta-Komunikasi strategis menjadi perhatian pada program pemberdayaan masyarakat sekarang ini dalam platform pembangunan. Dengan kata lain komunikasi strategis diharapkan  mampu mendorong masyarakat supaya turut serta berpartisipasi dalam menentukan keputusan publik.  Meskipun begitu masih bermunculan berbagai dinamika terhadap isu ini. Beberapa pertanyaan seperti: ‘Apakah komunikasi strategis mempromosikan pemberdayaan? Serta apa saja menjadi tantangan, dorongan, dan peluang terhadap aktor, media, dan publik tentang komunikasi strategis?’  menjadi hal yang perlu didislusikan lagi bersama-sama.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia kembali menggelar 4th Conference on Communication, Culture and Media Studies 2017 (4th CCCMS2017) untuk mendiskusikan hal tersebut ke dalam suatu forum ilmiah. Switch ON: Rethinking Strategic Communication for Empowerment menjadi tema 4th CCCMS20117  dan tepat untuk mendiskusikan fenomena ini. Turut mengundang Prof. Dato’ Sri Dr. Syed Arabi Bin Syed Abdullah Idid (International Islamic University Malaysia) dan  Prof. Dr. Parichart Sthapitanonda ( Chulalongkorn University Thailand) sebagai plenary speaker dalam konferensi ini.

4thCCCMS 2017 digelar pada tanggal 10-11 Oktober 2017 di Gedung DR. Soekiman Wirjosandjojo. Terdapat enam kelas panel dengan tema di antaranya CSR & Community, Identity & Popular Culture, Communication & Islam, Marketing Communication & Branding, Organizational Communication,  dan Culture Communication. Konferensi ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UII yang bertujuan menciptakan forum terbuka bagi mahasiswa sarjana, mahasiswa pascasarjana, komisaris komunikasi & media dan pihak terkait lainnya untuk berbagi gagasan, penelitian, atau pengalaman.

 

Penulis: Risky Wahyudi