• Office: +62-274-898444 ext. 3267

PRODI ILMU KOMUNIKASI MENUJU KURIKULUM BERBASIS KKNI

UII Yogyakarta----Jum’at, 24 Maret 2017, Prodi Komunikasi mengundang beberapa praktisi, ahli, dan aktivis yang konsen terhadap media dan pendidikan media untuk memberikan rekomendasi mengenai pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum tersebut menggunakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), merupakan acuan setiap program studi untuk bisa memperjelas profil lulusan dengan aspek-aspek yang telah ditetapkan.

Para ahli tersebut diantaranya, Valentia Sri Wijiyanti, Tri Suparyanto, Wahyu Sudarmawan, dan Wendratama. Mereka diundang untuk mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kurikulum berbasis KKNI. Salah satu rekomendasi yang diungkapkan oleh Wendrawan,“Komunikasi diarahkan ke komunikasi multimedia, dengan kompetensi jurnalisme online dan penulisan web”.

            Di era media digital, kompetensi mahasiswa untuk menggunakan media yang multiplatform sangat dibutuhkan. Di dunia jurnalisme online saat ini dunia kerja menuntut tenaga-tenaga praktis untuk bisa mengoperasikan berbagai keahlian sekaligus. Tidak hanya kemampuan praktis, praktisi juga diharapkan memiliki kemampuan analisis dan kesadaran kritis. “menyiapkan lulusan utk bisa mempunyai kesadaran secara utuh untuk memahami semua elemen dalam perspektif gender bagaimana meregenerasi, merawat kesadaran scr kritis,” ujar Wijiyanti.

 

Penulis             : Putri Asriyani

Foto oleh         : Wean Upadhi