• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Media di masa Donald Trump dikupas Prof Wayne Wanta di Ilmu Komunikasi

UII Yogyakarta— Media memiliki fungsi yang sangat sentral di komunikasi saat ini. Eksposur media menjadi sangatlah penting untuk membangun citra. Tidak hanya bagi politikus yang ingin menyebar isu atau citra, dengan media internet sekarang ini, jurnalis pun seperti dipermudah untuk mendapatkan sumber berita. 

 

Prof Wayne Wanta, seorang pendiri institusi penelitian di Department of Journalism at the University of Florida, mengungkap masalah praktek pencarian sumber berita dalam medianya terutama di era Donald Trump. Dalam kuliah umum bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang bertempat di Auditorium Perpustakaan Univeritas Islam Indonesia (UII) tersebut Professor Wanta mengkritik paktek jurnalis Amerika yang hanya mengandalkan kicauan dari akun twitter Donald Trump sebagai bahan sumber berita di media mereka.

Hal ini terjadi karena bebrapa faktor, jelas Professor Wanta. Pertama, jurnalis butuh informasi dari berbagai sumber dalam pekerjaannya, sedangkan ia ingin menghemat energinya untuk dapat informasi. Akibatnya jurnalis hanya mengandalkan cuitan Twitter dari akun Trump. Hal ini ironis karena menurut Prof. Wanta, “truth claims even it true or false. It easy to access, but difficult to verify.” Dan akbibatnya adalah media kehilangan substansi atas pemberitaan yang mereka lakukan.

Di siang itu (10/3/2017), Prof. Wanta menjabarkan kondisi pers di Amerika di hadapan mahasiswa Ilmu Komunikasi. yang terjadi di Amerika. Yang terjadi di Amerika waktu itu adalah media memberitakan tweet Trump tentang protesnya kepada media yang yang meremehkan jumlah orang menghadiri pelantikannya dibandingkan dengan orang yang melakukan longmarch perempuan. Pemberitaan yang berbasis tweet Trumph tersebut telah kehilangan esensi berita. Alih-alih memberitakan tentang kenapa banyak aktivis perempuan yang protes, media hanya memberitakan tentang jumlah orang yang hadir dalam dua peristiwa tersebut.  

Penulis: Sulistiyawati

Foto: Wean Guspa Upadhi