• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Pengajaran Berbasis Riset di Prodi Ilmu Komunikasi

UII Yogyakarta— Pendididikan bukanlah sekadar mengirimkan siswa atau anak anak pergi ke sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan haruslah memiliki visi-misi yang jelas. Tak cukup hanya dengan  visi-misi yang baik, metode juga menentukan bagaimana visi-misi itu dapat diraih.

Dalam koordinasi dosen pengajar dan praktikum di Ruang audiovisual, Muzayin Nazaruddin, selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) menghimbau kepada seluruh dosen pengajar dan prkatikum untuk memberikan materi perkuliahan dan memberikan tugas dengan berbasis riset. Dalam koordinasi dosen yang dilakukan pada 10 Februari 2017 itu,  Nazaruddin juga menyatakan bahwa tugas akhir yang berupa non-skripsi juga harus berbasis riset. “ Karya akhir mahasiswa baik itu berupa produksi film, media kampanye, produksi media kreatif, maupun karya jurnalistik harus,” ujar Nazaruddin.

Dalam pengajaran kualiah pun, ia melanjutkan, harus diupayakan berbasis riset dan pengalaman lapangan. Penelitian tersebut bisa merupakan riset yang dilakukan oleh dosen maupun hasil penelitian yang sekarang sudah banyak dilakukan oleh dosen maupun peneliti dari berbagai lembaga baik dari lembaga pendidikan seperti kampus maupun lembaga penelitian dan organisasi  masyarakat sipil.

Selain berbasis riset, dalam pertemuan yang dihadiri lebih dari 20 dosen internal maupun dosen tamu, Nazaruddin menghimbau dosen pengajar dan praktikum untuk memperkaya pengatahuan mahasiswa dengan pengalaman lapangan. “mahasiswa juga baiknya diperkaya dengan pengalaman lapangan. Bisa dengan kerja sosial di masyarakat, kerja kreatif maupun mengundang kuliah tamu atau kuliah pakar,” lanjutnya.

Menurut Nazaruddin mahasiswa selalu senang jika ada kuliah tamu yang menghadirkan dosen luar dan mengajar di kampus. Ia menuturkan, “mahasiswa selama ini senang jika ada dosen luar yang mengajar. Mereka senang ada orang baru, cerita baru dan perspektif baru yang mereka dapatkan di kelas.”

Penulis : Sulistiyawati & Putri Asriyani

Foto       : Sulistiyawati