• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Upaya Menghentikan Kekerasan Terhadap Jurnalis

suasana seminar nasional 19 tahun kematian udin

Yogyakarta (21/8) — Memperingati 19 tahun pembunuhan Udin, Prodi Ilmu Komunikasi UII bekerjsama dengan Aliasi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Menghentikan Kekerasan terhadap Jurnalis dan Penuntasan Kasus Udin”. Seminar Nasional yang bertempat di Auditorium Pascasarjana UII ini mengundang pembicara antara lain Imam Wahyudi (Anggota Dewan Pers), Siti Noor Laila (Komisioner Komnas HAM ), Aryo Wisanggeni (AJI Indonesia).

Dalam seminar tersebut, Imam Wahyudi mengungkapkan bahwa penanganan kasus Udin melibatkan banyak stakeholder serta ada sinergi antarstakeholder tersebut. Polisi pun terkesan tidak serius. Seharusnya “… dalam penanganan kasus ini, apabila sudah tidak ada tersangka, maka harus dicari tersangka baru agar kasus benar-benar selesai.” Namun hal ini tak dilakukan oleh polisi.

Kemudian “peran jurnalistik saat ini bisa menjadi sasaran atau ancaman bagi para pihak, khususnya penguasa, yang tidak ingin dikontrol kekuasaannya. Namun sisi positif bagi masyarakat adalah bisa menjadi kontrol dan pengawasan terhadap penguasa” ujar Siti Noor Laila. Menurut Aryo Wisanggeni, yang paling berperan dalam penuntasan kasus Udin adalah aparat penegak hukum. Dimana aparat penegak hukum harus mengusut tuntas kasus udin sehingga tidak ada lagi tindakan kriminal kepada jurnalis.

Rosi (penulis), Sulis (editor), Rosi (foto)

 

Last Updated on Thursday, 12 November 2015 04:25