• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Zaki Habibi Membawa Kota Kreatif Indonesia ke Australia

Email Print

Zaki di The University of Melbourne (foto: maria serenade)

Melbourne (15 /10/15) — Bulan Juni 2015 Asia Institute Faculty Of Arts The University of Melbourne membuka call for proposal dengan tema “ASEAN Studies Trust Fund Visiting Fellow”.Asia Institute sendiri adalah lembaga di bawah Faculty Of Arts The University of Melbourne yang fokus mengkaji tentang Asia, salah satunya Indonesia. Salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi UII, Zaki Habibi, S.I.P., M.Comms terpilih untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Asia Institute ini.

Read more...

Iwan Awaluddin Menjuarai IMRAS 2015

Email Print

Yogyakarta (7/10/2015) — Era digital sangat berpengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat dalam mengakses informasi ataupun berita. Penggunaan majalah digital mulai menggeser majalah versi cetak. Hal itu diekplorasi oleh Iwan Awaluddin Yusuf, S.IP., M.Si, Dosen Ilmu Komunikasi FPSB UII dalam 2nd Indonesia Media Research Awards and Summit 2015 (IMRAS 2015) diselenggarakan oleh  Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Indonesia telah terlaksana di Hotel Aston Awana, Yogyakarta.

Read more...

Menyoal Etika Koran Kuning Indonesia di Singapura

Email Print

Singapura (5-6/10/2015) —  Fenomena korang kuning di Indonesia bukanlah hal yang baru di dunia surat kabar. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di belahan dunia yang lain. Pemberitaan di koran kuning (yellow paper) di terutama di Indonesia mengedepankan sensasionalitas dengan menggunakan judul yang vulgar, mistis, ukuran font besar dan berwarna terang. Hal ini adalah untuk menarik perhatian pembaca secara visual.

Read more...

Diskusi Nadim “Literasi Media”

Email Print

Kampus UII (29/9/15) — media komunikasi seperti televise dan gadget menemani kehidupan manusi setiap harinya. Tetapi apa yang didalam media tersebut seringkali bukan informasi yang bergizi, melainkan racun bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, banyak lembaga (gerakan mastarakat sipil) yang bergerak untuk menyuarakan literasi media sebagai tameng masyarakat dalam perilaku konsumsi media. Akan tetapi, gerakat masyarakat sipil tersebut sering kali terkendala akan banyaknya data sebagai amunisi dari gerakan tersebut.

Read more...

Switch On Your Television, Light Up Your Mind

Email Print

Kampus UII Yogyakarta (29/9/15) —  Betapa besarnya pengaruh media elektronik utamanya televisi di masyarakat luas. Media yang menggunakan frekuensi publik, yang harusnya melayani kepentingan publik, justru mengutamakan keuntungan pribadi (komersial)  dan kelompoknya (politik). Dalam rangka mengkritisi hal tersebut, Prodi Ilmu Komunikasi mengadakan kuliah umum yang bertajuk “Switch On Your Television, Light Up Your Mind.

Read more...