• Office: +62-274-898444 ext. 3267

Prodi Ilmu Komunikasi Dorong Implementasi Keilmuan Multidisiplin

Email Print

Ilmu yang bermanfaat dan kuat adalah ilmu yang dapat diaplikasikan dan bermanfaat secara menyeluruh di tengah masyarakat. Untuk dapat diaplikasikan secara menyeluruh, maka ilm haruslah dapat mengakomodir setiap kebutuhan dan masalah di masyarakat dalam berbagai lini dan sendi kehidupan.

Read more...

Diskusi dan Pemutaran Film Media Gymnasiet Swedia dan Siswa SMK ke Prodi Ilmu Komunikasi

Email Print

 

UII Yogyakarta – 26 Januari 2017, kamis pagi itu Ruang Audiovisual tampak ramai. Beberapa siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) dari beberapa SMK di Yogyakarta dan beberapa siswa asing tampak asyik mengobrol di ruangan itu. Mereka adalah beberapa siswa SMK Negeri 2 Sewon bantul, SMK Budi Mulia 2 Yogyakarta, Festival Film Pelajar Jogjakarta (FFPJ) dan Media Gymnasiet (MG) Swedia.

Read more...

Pengajaran Berbasis Riset di Prodi Ilmu Komunikasi

Email Print

UII Yogyakarta— Pendididikan bukanlah sekadar mengirimkan siswa atau anak anak pergi ke sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan haruslah memiliki visi-misi yang jelas. Tak cukup hanya dengan  visi-misi yang baik, metode juga menentukan bagaimana visi-misi itu dapat diraih.

Read more...

Department of Communication Universitas Islam Indonesia Improves Journal Governance

Email Print

UII Yogyakarta— Online Journal System (OJS) is critical to be implemented to support International journal publication. During 2001-2010, Center of Research and IPTEK development, Indonesian Institute of Science (LIPI) shows that the most indexed international publication produced by South Korea (KAIST - Korea Advanced Institute of Science and Technology) with 20.183 publications. The second position is Japan (JST - Japan Science and Technology Agency) with 13.604 publications. Then  CSIRO (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation)  Australia published 11.611 publications. While Indonesia, LIPI (The Indonesian Institute of Science) had just published 417 within that 10 years. 

Read more...

Perbaiki Tata Kelola Jurnal, Prodi Ilmu Komunikasi Mengadakan Pelatihan OJS

Email Print

UII Yogyakarta— Online Journal System (OJS) sangat diperlukan dalam menunjang publikasi jurnal international. Selama kurun waktu 2001-2010, data dari Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukan bahwa jumlah publikasi ilmiah international yang terindeks terbanyak dihasilkan oleh Korea Selatan (KAIST)  dengan 20.183 publikasi. Di posisi kedua adalah Jepang (JST) dengan 13.604 punlikasi. CSIRO Australia mempublikasikan 11.611 publikasi. Sedangkan Indonesia, LIPI baru mempublikasikan 417 dalam kurun waktu 10 tahun tersebut. 

Berkenaan dengan publikasi ilmiah, prodi Ilmu Komunikasi merasa perlu untuk memperbaiki tata kelola jurnal demi menunjang publikasi ilmiah. Untuk menunjungkan publikasi ilmiah tersebut, Ilmu Komunikasi UII juga mulai berkomitmen kuat mempublikasikan jurnalnya dengan mengimplementasikan OJS sebagai sistem operasinya. Dalam rangka itu Selasa, 24 Januari 2017 Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan pelatihan OJS (Online Jourrnal System) untuk dosen dan karyawan. Pelatihan ini bertempat di Ruang Audio Visual (RAV) untuk sesi I dan Ruang Rapat Prodi Ilmu Komunikasi untuk sesi II yang dimentori oleh Yuli Andriansyah, dosen Prodi Ekonomi Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.

Adapun pelatihan ini ditujukan kepada karyawan dan dosen yang nantinya akan bersentuhan langsung untuk memanfaatkan dan memaksimalkan OJS untuk publikasi dan merekam berapa banyak publikasi yang sudah disitasi di seluruh dunia. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai prosesing sistem jurnal. Setelah diberikan materi peserta kemudian melakukan praktek prosesing jurnal. “Dosen dan karyawan kita libatkan agar mereka semua tahu dan mengerti proses OJS itu seperti apa.” kata Holy Rafika Dhona, penyunting Jurnal Ilmu Komunikasi UII.

 

Penulis Sulistiyawati & Putri Asriyani

Foto: Putri Asriyani

 

 

Read more...